Entertainment

Stranger Things Season 4: Vecna Ternyata Punya Hubungan Kuat dengan Mind Flayer

Ada Alasan Mengapa Bentuk Mind Flayer Seperti Laba-laba

Jingga Irawan

Posted on July 1st 2022

Begitu banyak hal yang belum terjawab cukup lama di Stranger Things. Kembali di season 1, fans disuguhkan sekilas soal Upside Down, kekuatan Eleven, dan apa itu Demogorgon. Tetapi itu cuma permulaan. Nggak lama, Mind Flayer join untuk mengacak Hawkins. Sekarang, sebuah jawaban akhirnya muncul di Stranger Things season 4.

SPOILER ALERT!!!

Stranger Things season 4 mengungkapkan kalau Henry Creel alias One alias Vecna menciptakan Mind Flayer ketika dia dibuang ke Upside Down pada tahun 1979. Kaget nggak? Selama ini, kita berasumsi seisi Upside Down sudah ada di sana sejak ribuan tahun. Kemungkinan betul. Tetapi untuk Mind Flayer yang sekuat itu? Jelas ada penciptanya.

Menjelang rilis season 4, Duffer Brothers beberapa kali ngasih kode ini akan menjadi season penuh kejutan. Dan ternyata benar. Volume 1 menjelaskan berbagai aspek dari Upside Down, latar belakang Eleven, bahkan motivasi karakter yang selama ini menjadi teka-teki selama beberapa season terakhir.

Sementara Volume 2 memberikan lebih banyak detail. Terutama soal Vecna dan Mind Flayer. Di awal season, Dustin mendalilkan jenderal bintang lima Mind Flayer adalah Vecna, sosok komandan tingkat kedua. Bergabung dengan Demobat serta Demogorgon rasa-rasanya sudah cukup kalau ingin bikin angkatan perang.

Tetapi ternyata oh ternyata, Vecna nggak menerima perintah dari Mind Flayer. Selama ini justru sebaliknya. Vecna menciptakan Mind Flayer ketika dia tiba di Upside Down. Dia membentuk partikel/sarang dari Mind Flayer sebagai bagian yang hilang dalam rencananya untuk mendapatkan kekuatan tertinggi.

"Aku melihat banyak hal," kata Henry kepada Eleven sambil menceritakan penjelajahannya di alam baru. "Dan suatu hari, aku menemukan hal yang paling luar biasa dari semuanya. Sesuatu yang akan mengubah segalanya. Aku melihat cara untuk mewujudkan potensiku. Untuk melampaui bentuk manusiaku. Untuk menjadi pemangsa aku dilahirkan."

Mind Flayer nggak pernah menjadi makhluk hidup. Itu adalah manifestasi fisik baru dari Henry sendiri.

Apa Kekuatan Mind Flayer Berasal dari Vecna?

Bahkan sebelum Henry Creel menjadi One, dia memiliki kekuatan untuk melihat ke dalam pikiran orang lain dan membunuh mereka dengan menggunakan ingatan terburuk. Itulah yang akhirnya menarik Dr. Brenner pada Henry sesaat setelah dia membunuh ibu dan saudara perempuannya. Tapi kekuatannya hanya bisa sejauh ini. 

Meskipun telepati dan telekinesisnya berguna, menyerap partikel yang membentuk Mind Flayer di Upside Down (atau apa pun versi Upside Down sebelum 1983) bisa menghubungkannya dengan dunia baru ini.

Menghubungkan ke partikel Mind Flayer memungkinkan Henry Creel menjadi versi Vecna yang dilihat penonton di Stranger Things season 4, mengendalikan Demobat, Demodog, dan Demogorgon di Upside Down bahkan dunia nyata.

Mengapa Mind Flayer Terlihat Seperti Laba-laba?

Menariknya, Henry Creel nggak pernah berhenti pada ketertarikannya pada laba-laba. Sampai akhir, Henry mengendalikan partikel Mind Flayer dan memberinya bentuk, mengubah monster bayangan menjadi Mind Flayer, makhluk seperti laba-laba.

Itu didasarkan pada desainnya sendiri. Yakni saat dia membuat sketsa ketika masih anak-anak di rumah Creel. Secara tematis, mengubah Mind Flayer menjadi makhluk seperti laba-laba sesuai dengan kemampuan monster itu.

Laba-laba di rumah Creel sebagian besar berjenis Black Widow. Mereka memiliki gigitan berbisa yang menghasilkan rasa sakit yang mirip dengan apa yang dirasakan Will Byers saat diserang. Selain itu, gejala gigitan Black Widow biasanya berlangsung selama sekitar tujuh hari, yang lamanya sama dengan kutukan Vecna.

Mengapa Vecna ​​Menggunakan Mind Flayer Di Stranger Things Season 2 & 3?

Pertanyaan besarnya adalah, jika Vecna bertanggung jawab atas semuanya selama ini, mengapa dia nggak menyerang Hawkins lebih awal hayo?

Nah, Demogorgon ada di Stranger Things season 1 dan Mind Flayer ada di Stranger Things season 2. Kedua monster ini berniat untuk mengakhiri dan menduduki Hawkins. Tetapi mereka akhirnya dihentikan oleh Eleven.

Eleven membunuh Demogorgon dan menutup gerbang di Mind Flayer. Jadi untuk menghindari perlawanan Eleven, Vecna membuat Mind Flayer di dunia nyata dan menyedot kekuatan Eleven saat menggigitnya. Gigitan itu mungkin sebagian punya alasan untuk memblokir kekuatan Eleven di akhir season 3 dan awal season 4.

Tapi begitu Vecna memperoleh kekuatan Eleven, setidaknya sebagian darinya, dia mampu mengakses pikiran orang-orang lintas dimensi. Membunuh mereka dari Upside Down dan menggunakan kematian  sebagai sarana untuk membuka gerbang baru.

Semua itu nggak akan mungkin terjadi jika bukan karena Eleven. Setelah Mind Flayer gagal dalam tujuan aslinya, ia melayani tujuan baru. Namun sejak Mind Flayer dihapus dari Will Byers, ternyata itu masih meninggalkan jejak di tubuhnya. Artinya Will masih terhubung dengan Vecna. Bahkan jika monster itu nggak meyadarinya. Tetapi nggak mungkin jika seorang Vecna nggak sadar soal Will bukan? (*)

Foto: Netflix

Artikel Terkait
Entertainment
‘Stranger Things Season 4’: Penjelasan Ending dan Rencana Vecna

Entertainment
Netflix Beri Bocoran ‘Stranger Things 4 Vol. 2, Steve dan Nancy Lolos dari Vecna

Entertainment
Perbedaan Vecna dan Mind Flayer di ‘Stranger Things’