Entertainment

Seberapa Akurat Film ‘Elvis’?

Jingga Irawan

Posted on July 1st 2022

Setelah mendengar transformasi suara Austin Butler dalam wawancara yang sangat mirip Elvis Presley, melihatnya berpose dengan Priscilla Presley di Met Gala, dan berushaa meniru gerakan tarian khas Elvis di trailer, film garapan Baz Luhrmann, Elvis, akhirnya tayang perdana pada 24 Juni lalu. Dengan Austin Butler mengambil peran utama sebagai penyanyi legendaris tersebut.

Film ini berfokus pada kisah Elvis dan manajernya yang licik, Kolonel Tom Parker (Tom Hanks), serta hubungan Elvis dengan Priscilla (Olivia DeJonge).

Meskipun menuai pujian dari kritikus, beberapa informasi jelas tak akurat di filmnya. Seperti musik Doja Cat yang belum ada pada 1950-an. Tetapi ada beberapa bagian yang memang sulit dibedakan, kecuali kalian sangat akrab dengan cerita soal Elvis. Itu sebabnya para ahli mengklarifikasi apa yang keliru dari film itu dan apa yang sebenarnya terjadi.

Kapan Hubungan Elvis dan Priscilla Benar-Benar Dimulai?

Dalam film tersebut, awal mula hubungan Elvis dan Priscilla tampak mulus dan polos. Usia pasti Priscilla tak diungkapkan. Tetapi disebutkan bahwa dia adalah "remaja.” Penggambarannya oleh DeJonge yang berusia 24 tahun memastikan kalau dia tak terlihat terlalu di bawah umur ketika keduanya bertemu.

Dalam dunia nyata, Elvis dan Priscilla bertemu saat dia bertugas di militer di Jerman. Saat itu Elvis berusia 24 tahun dan Priscilla baru berusia 14 tahun. Tetapi Elvis saat itu langsung mengejarnya. Meskipun orang tua Priscilla awalnya tak mengizinkan dia untuk melihat Elvis setelah pulang terlambat dari pesta, Elvis meyakinkan orang tuanya untuk membiarkan dia pacaran dengan Priscilla.

Keduanya memiliki hubungan jarak jauh selama dua tahun setelah Elvis meninggalkan Jerman. Dan ketika Priscilla akhirnya mengunjunginya di Los Angeles, Elvis memperkenalkannya pada narkoba. Priscilla diizinkan untuk tinggal bersama Elvis pada tahun 1963 dengan syarat dia bersekolah di sekolah menengah perempuan Katolik dan Elvis akhirnya menikahinya. Elvis melamarnya pada tahun 1966.

Apakah Kolonel Tom Parker dan Elvis Benar-Benar Bertemu di Funhouse?

Tak disebutkan pertemuan keduanya di funhouse dalam biografi soal Presley atau Parker. Jadi bagian ini tampaknya merupakan produk imajinasi sutradara.

Apakah Kolonel Parker Benar-Benar Ingin Menandatangani Elvis Karena Dia "Terdengar Seperti Orang Berkulit Hitam"?

Dalam film tersebut, Parker ingin Presley menjadi kliennya karena dia yakin Presley adalah seorang pria kulit putih yang "terdengar Hitam.”

Alanna Nash, seorang jurnalis musik veteran, mengatakan kepada Variety bahwa Parker senang karena anak-anak kulit hitam dan kulit putih membeli rekaman Presley. Dan sebenarnya Parker "tak akan tertarik" jika Presley berkulit hitam, jadi sebagian dalam film itu benar.

Meskipun Parker mungkin tak pernah secara eksplisit mengatakan bahwa dia menginginkan Presley karena suaranya seperti orang kulit hitam yang khas, Parker jelas menyukai bahwa Elvis dapat merekam musik khas orang berkulit hitam dan pencapaiannya juga luar biasa.

Apakah Kolonel Tom Parker Benar-Benar Menekan Elvis untuk Menyanyikan Lagu yang Ramah Keluarga?

Dalam film tersebut, Parker ingin Presley menyanyikan lagu-lagu ramah keluarga. Dengan mengenakan pakaian konservatif, mengurangi gerakan tariannya untuk menghindari kontroversi dan memberinya lebih banyak uang.

Kenyataannya, Parker mendukung gerakan tarian Presley yang provokatif karena itulah yang menjual dari dirinya serta menghasilkan lebih banyak uang. Nash mengatakan Parker tak peduli dengan daya tarik khusus dari Presley dan senang bahwa dia seperti artis striptis versi pria.

Apakah Elvis dan B.B. King Benar-Benar Berteman?

Dalam film, Presley dan B.B. King berteman dekat. Dan King adalah satu-satunya orang yang jujur ​​dengan Presley sepanjang film. Sementara Presley dan King berjalan di lingkaran yang sama dan saling menghormati karya seni satu sama lain, tampaknya hubungan mereka dibumbui untuk film tersebut.

Dalam sebuah wawancara tahun 1996 dengan Charlie Rose, King mengingat bagaimana ketika dia berada di studio, King menyebutkan "biasanya Elvis akan ada di sana berlatih." Dia mengatakan Presley akan menontonnya. Dia memuji karya Presley, tetapi tak disebutkan persahabatan yang mendalam di antara keduanya.

Apakah Elvis Benar-Benar Tak Pernah Jatuh Cinta Lagi Lagi Setelah Perceraiannya Dari Priscilla?

Film ini tak menunjukkan Elvis memiliki hubungan romantis setelah perceraiannya dari Priscilla. Elvis jelas tak melupakan Priscilla, mengatakan padanya bahwa dia akan selalu mencintainya bertahun-tahun setelah perceraian mereka.

Kenyataannya, Elvis memiliki dua hubungan jangka panjang setelah perceraiannya dengan Priscilla. Dia berkencan dengan penulis lagu Lisa Thompson selama empat tahun. Kemudian berkencan dengan Ginger Alden selama sembilan bulan hingga kematiannya pada 1977.

Elvis mengakui berkencan dengan Alden. Dia berbicara kepada Express bahwa Elvis menantikan "pernikahan, lebih banyak anak, film serius, dan tur berikutnya" di hari-hari terakhirnya.

Apakah Elvis Benar-benar Memecat Kolonel Tom Parker di Panggung?

Dalam film tersebut, Presley memecat manajernya ketika dia mengetahui bagaimana Parker telah menipunya. Dia merasa dieksploitasi dan memecat Parker di atas panggung selama pentasnya di Las Vegas.

Kenyataannya, Nash mengatakan kepada USA Today bahwa Presley "tak akan pernah melakukan itu." Presley tampaknya tak pernah tahu bahwa Parker tak berasal dari West Virginia seperti yang dia klaim, karena informasi itu tak keluar di Amerika Serikat sampai tahun 1981.

Namun, Nash bercerita kalau Presley memang memanggil pemilik Hilton, Barron Hilton, di atas panggung suatu malam setelah dia secara tak adil memecat seorang karyawan yang istrinya sedang berjuang melawan kanker.

Apakah Robert Kennedy Benar-benar Dibunuh Selama Acara Televisi Elvis Berlangsung?

Pembunuhan tragis tahun 1968 Robert Kennedy sangat memengaruhi Presley secara emosional. Makannya film Elvis menyelipkan kisah ini. Film tersebut menampilkan tragedi yang terjadi di televisi selama rekaman Comeback Special 1968 Presley. Tetapi kenyataannya, peristiwa itu terjadi selama Presley latihan.

Rasa emosional yang dialami Presley dalam film dan pilihannya untuk memasukkan lagu ballad dalam episode spesial setelah tragedi itu akurat.(*)

Foto: WarnerBros.

Artikel Terkait
Entertainment
Harry Styles dan Florence Pugh Rilis ‘With You All the Time’, Ditulis Spontan

Entertainment
Film Live-Action ‘Pinocchio’ Tom Hanks Bakal Tayang di Disney+ pada 2022

Entertainment
Coldplay Akan Adakan Konser Virtual Global, Bisa Nonton di Bioskop