Entertainment

Perbedaan Vecna dan Mind Flayer di ‘Stranger Things’

Jingga Irawan

Posted on July 1st 2022

Stranger Things season 4 menampilkan monster yang sama sekali baru. Bukan lagi Demogorgon. Bukan lagi Mind Flayer. Tetapi dia adalah Vecna. Namun, di antara berbagai makhluk di luar nalar yang menyerang Hawkins, Mind Flayer dan Vecna merupakan yang terkuat sejauh ini. Eleven bahkan kewalahan.

Mind Flayer mengambil alih Hawkins dengan merasuki Billy Hargrove dan memaksa penduduk kota menjadi pasukan kecil Upside Down. Di sisi lain, Vecna dari Stranger Things season 4 bisa merasuki jiwa dan mengambilnya tanpa perantara apa pun. Tetapi apa perbedaan keduanya? Apakah mereka berasal dari entitas yang sama?

Vecna Vs. Mind Flayer: Apa Perbedaan Keduanya?

Perbedaan utama antara Vecna dan Mind Flayer adalah Vecna dari Stranger Things season 4 dulunya adalah manusia. Sehingga Vecna memiliki kemampuan berpikir bahkan berbicara. Motivasinya menjadi jauh lebih jahat daripada monster yang memiliki rentang dimensi terbatas seperti Mind Flayer.

Di luar itu, Vecna merupakan mantan manusia yang Eleven sudah kenal: Henry Creel, alias One. Ia adalah sosiopat pembunuh, bahkan sebelum dirusak oleh alam dan waktu Upside Down. 

Sementara Mind Flayer tak memiliki kemampuan berbicara langsung. Ia menggunakan suaranya melalui Billy. Mind Flayer juga perlu membuat hubungan fisik dengan korbannya untuk mengendalikan mereka. Sedangkan Vecna bisa memanfaatkan trauma orang dan membunuh mereka dari jarak jauh.

Vecna Vs. Mind Flayer: Siapa yang Akan Menang?

Sulit untuk menentukan dengan tepat siapa yang akan memenangkan pertarungan Vecna vs. Mind Flayer di Stranger Things. Tetapi kemungkinan Mind Flayer lebih kuat. Sementara Vecna lebih cepat bergerak. Bahkan dia bisa beroperasi pada dua dimensi berbeda secara bergantian.

Ini lah alasan yang jelas mengapa Eleven perlu berlatih lebih dalam dan mendapatkan kembali kekuatannya dengan masa percobaan yang cukup lama.

Meskipun keduanya adalah makhluk kuat dari Upside Down yang mampu mengambil alih monster lebih rendah dari Stranger Things, seperti Demogorgons, Demodogs, dan Demobats, kecerdasan tinggi dan motivasi pribadi yang dimiliki Vecna membuat kehadirannya menjadi ancaman lebih nyata.

Kemampuannya untuk beroperasi dan menyebabkan kerusakan dari jarak jauh mungkin membuatnya unggul sementara daripada Mind Flayer. Namun, cara kerja Vecna  beroperasi kemungkinan tak mempengaruhi Mind Flayer.

Vecna/One memanfaatkan trauma otak manusia untuk mendatangkan malapetaka, tetapi karena Mind Flayer tak memiliki otak manusia (dan mungkin tak mengalami perasaan dan trauma), kekuatan Vecna mungkin tak berpengaruh padanya. Namun, Mind Flayer kemungkinan bisa merusak Vecna.

Vecna di Stranger Things season 4 terlihat sebagai raja dunia Upside Down. Bahkan Demobats tampaknya dikendalikan olehnya. Ini terlihat saat Vecna merasakan kehadiran Nancy di Upside Down dan Demobats yang tiba-tiba berkumpul menjaga gerbang bawah air sesaat setelah Steve berjuang menyingkirkan Demobats yang hampir melahapnya.

Belum diketahui apakah selama ini semua monster Upside Down yang merangkak keluar Hawkins merupakan perintah Vecna atau tidak. Atau bisa jadi perintah Mind Flayer. Dan belum jelas apa alasan Vecna perlu waktu yang lama untuk menyerang Hawkins.

Stranger Things Season 4 Vol. 2 mulai tayang hari ini pada pukul 14.00 WIB. (*)

Foto: Netflix

Artikel Terkait
Entertainment
‘Stranger Things Season 4’: Penjelasan Ending dan Rencana Vecna

Entertainment
Netflix Beri Bocoran ‘Stranger Things 4 Vol. 2, Steve dan Nancy Lolos dari Vecna

Entertainment
Stranger Things Season 4: Vecna Ternyata Punya Hubungan Kuat dengan Mind Flayer