Tech

7 Aplikasi Chat Paling Aman

Jingga Irawan

Posted on July 1st 2022

Jika kalian ingin percakapan melalui teks pribadi aman, sangat penting untuk memilih aplikasi layanan chat dengan hati-hati. Pasalnya, nggak semua layanan pesan punya fitur enkripsi end-to-end (E2EE). Sehingga bisa membahayakan privasi pengguna.

Sederhananya, E2EE berarti hanya kalian (pengirim) dan penerima yang dapat melihat isi pesan. Pihak ketiga mana pun nggak bisa melihatnya, seperti operator seluler, penyedia layanan internet (ISP), dan produsen ponsel.

Beberapa pengguna mungkin menginginkan perlindungan ekstra ini untuk membantu mencegah pengintaian dari luar. Baik dari pemerintah dan organisasi lain yang mungkin mencoba menggunakan percakapan pribadi kalian untuk tindakan menipu.

Semua aplikasi yang tercantum di sini gratis dan menawarkan E2EE, sehingga kalian nggak perlu khawatir soal privasi.

1. SIGNAL

Signal adalah salah satu aplikasi chat paling terkenal dan merupakan tujuan pribadi. Ini menawarkan UI  sederhana dan mudah digunakan sebagai pengganti aplikasi pesan default perangkat kalian. Signal juga menggambarkan dirinya sebagai "perusahaan nirlaba independen" yang nggak mengandung iklan atau pelacak di dalam aplikasi. Pesan serta panggilan suara dan video menggunakan E2EE.

2. TELEGRAM

Telegram masuk dalam aplikasi chat yang aman. Ini menyediakan enkripsi server-klien untuk obrolan grup dan pribadi. Kalian bisa mengirim pesan dengan E2EE dengan menggunakan fitur Secret Chat Telegram. Telegram juga memiliki fitur untuk mengirim pesan yang terhapus sendiri atau menghilang setelah jangka waktu tertentu. Jika kalian menghapus pesan dalam obrolan, Telegram juga akan menghapusnya di perangkat penerima.

3. WHATSAPP

Layanan yang dimiliki oleh Meta (perusahaan induk Facebook) nggak benar-benar memberikan gambaran yang jelas soal privasi. Tetapi WhatsApp masuk dalam pengecualian. WhatsApp mengaktifkan E2EE untuk pesan dan panggilannya secara default. Seperti Signal dan Telegram, WhatsApp memungkinkan kalian membuat obrolan grup serta mengirim gambar, video, dan pesan suara dengan aman.

4. WICKR ME

Wickr Me adalah salah satu aplikasi pesan yang aman. Amazon Web Services membeli Wickr Me tahun lalu, tetapi layanan ini masih merupakan aplikasi pesan yang solid yang akan menjaga percakapan tetap aman.

Wickr Me lebih diarahkan ke penggunaan bisnis untuk berkomunikasi dengan kolega. Tetapi bukan berarti pengguna biasa nggak bisa menggunakannya. Versi gratis aplikasi ini memungkinkan pengiriman pesan pribadi dan grup terenkripsi, panggilan audio dan video, dan berbagi file. Ini juga memungkinkan pengguna mengatur timer untuk menghilangkan pesan.

5. WIRE

Wire adalah aplikasi chat sederhana dengan UI yang menyenangkan. Aplikasi ini bisa mengirim pesan E2EE dan melakukan panggilan suara dan video E2EE. Ada beberapa opsi premium berbayar juga, tetapi paket tersebut paling cocok untuk pengguna bisnis yang mencari aplikasi kolaborasi yang aman.

6. VIBER

Dengan Viber, pengguna bisa mendapat pengalaman chat berfitur lengkap, lengkap dengan semua yang kalian temukan di aplikasi chat modern, seperti stiker, GIF, dan reaksi pesan. Meskipun mendukung E2EE untuk panggilan dan pesan, ini sedikit lebih berantakan daripada yang aplikasi lain. Di sini, pengguna mungkin melihat iklan dan rekomendasi channel saat menggunakannya.

7. SKRED MESSENGER

Yang menarik dari Skred adalah pengguna nggak memerlukan nomor telepon atau email untuk mendaftar. Skred juga nggak menggunakan kontak ponselmu untuk mendeteksi apakah ada teman  yang menggunakan aplikasi tersebut.

Pengguna hanya dapat mengundang orang ke aplikasi dengan meminta mereka memindai kode QR dari aplikasi secara langsung atau dengan mengirimkan kode tersebut melalui layanan pesan lain. Skred mendukung pengiriman pesan E2EE dalam panggilan suara dan video.(*)

Artikel Terkait
Tech
Gara-Gara WhatsApp “Berulah”, Signal dan Telegram Kebanjiran Pengguna Baru

Tech
Masalah Privasi WhatsApp Mulai Mendapat Tantangan Hukum di India

Tech
Dirasa Ganjil, India Selidiki Perubahan Kebijakan Privasi WhatsApp