Interest

Selain Cantik, 7 Tanaman Hias Ini Punya Manfaat Baik Diletakkan di Kamar Tidur

Soffya Ranti

Posted on June 30th 2022

Tanaman merupakan ornamen dekorasi rumah yang ideal. Bisa diletakkan di berbagai sudut, tanaman berfungsi sebagai penghias ruangan agar cantik. Kamu bisa meletakkan di ruang belajar, ruang tamu, bahkan kamar tidur.

Memiliki tanaman di kamar tidur saat ini menjadi kebiasaan sebagian orang. Tanaman hias di kamar tidur ternyata tak hanya berfungsi sebagai hiasan lo. Menurut studi NASA, tanaman yang diletakkan di kamar akan memberikan segudang manfaat yang baik.

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan seperti dapat mengurangi polusi udara, mengurangi stresm hingga memicu seseorang lebih kreatif. Luar biasa bukan? Namun sebelumnya mungkin kamu bertanya-tanya jenis tanaman yang cocok diletakkan di kamar tidur. Apa saja itu? Nah kali ini MainMain akan mengulas tujuh macam tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar tidur.

1. Peace Lily

Peace Lily memiliki manfaat untuk memurnikan dan meningkatkan kelembapan udara. Udara di kamar tidurmu tentu saja menjadi lebih segar. Perawatannya pun mudah. Kamu hanya perlu menyiramnya secara teratur dan simpan dalam cahaya yang sedang hingga terang.

2. Lavender

Bunga lavender terkenal karena sifatnya yang menenangkan. Bunga ungu satu ini cukup jarang diletakkan di kamar tidur. Namun tak ada salahnya jika kamu ingin mendekorasi kamar tidurmu dengan lavender. Manfaat bunga ini adalah dapat menurunkan tekanan darah hingga tingkat stress seseorang lo.

Maka dari itu tanaman ini bisa dikatakan sangat baik jika diletakkan di kamar tidur. Jika kamu kesulitan tidur di malam hari, lavender membantumu untuk tidur lebih nyenyak. Dalam merawatnya kamu cukup memberikan sinar matahari langsung selama beberapa jam. Serta tidak terlalu banyak menyiramnya. 

Baca Juga:  7 Tanaman Hias Dalam Ruangan ini Bakal Bikin Rumahmu Makin Cantik

3. Lady Palm

Tanaman ini memiliki motif elegan dan cantik untuk dekorasi kamar tidur. Lady Palm memiliki manfaat untuk membuat udara bersih. Selain itu bunga ini mampu mengeluarkan racun seperti ammonia, karbondioksida, formaldehida, dan xilena. Dalam perawatannya tanaman ini  juga cukup mudah. Kamu hanya menyiram  saat tanahnya terlihat kering. Selain itu Lady Palm hanya cocok diletakkan di dalam ruangan. Maka dari itu cocok sebagai dekorasi kamar tidurmu.

4. English Ivy

Tanaman kebun satu ini bisa kamu jadikan dekorasi kamar tidur. Selain cantik, manfaat tanaman ini  dapat menyerap benzena, xilena, dan formaldehida. Manfaat lain tanaman ini adalah dapat memperbaiki gejala alergi. Dalam perawatannya kamu perlu menyiramnya secara teratur dan beri cahaya sedang.

5. Devil’s Ivy

Menurut studi NASA Devil’s Ivy memiliki manfaat yang luar biasa untuk memurnikan udara. Selain itu tanaman satu ini sangat cantik sebagai dekorasi. Manfaat lain dari tanaman ini adalah dapat menghilangkan polusi udara. Dalam hal perawatan, tanaman ini membutuhkan sinar matahari ringan hingga sedang. Kamu juga harus menyiramnya setiap hari.

6. Lidah Mertua

Lidah mertua jadi tanaman hias yang juga cocok diletakkan di kamar tidur.  Tanaman ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas udara. Selain itu tanaman ini juga mampu menghilangkan racun berbahaya dalam udara, seperti karbondioksida, benzene, formaldehida, dan lainnya. Dalam perawatannya lidah mertua cukup mudah. Kamu tidak perlu menyiramnya setiap hari. 

Baca Juga: Startup Asal Belanda Kembangkan Drone Otonom untuk Basmi Hama Tanaman

7. Spider Plant

Menurut studi NASA, Spider Plant membuat ruangan lebih lembab. Selain itu tanaman ini juga memiliki fungsi memurnikan udara yang sangat baik. Spider Plant cocok diletakkan di kamar tidur karena bersifat terapeutik hingga mengurangi stres dan kecemasan. Dalam perawatannya letakkan tanaman di tempat yang teduh dan tidak terkena cahaya matahari langsung ya. (*)

Foto: Freepik dan The Pruce 

Artikel Terkait
Interest
7 Tanaman Hias Dalam Ruangan ini Bakal Bikin Rumahmu Makin Cantik

Interest
5 Tanaman Hias yang Membantu Mengurangi Stres dan Cemas

Hobi
Rekomendasi Tanaman Obat yang Mudah Ditanam di Rumah, Bisa Juga Usir Nyamuk