Entertainment

Apakah Arconia di ‘Only Murders in the Building' Nyata?

Jingga Irawan

Posted on June 30th 2022

Salah satu daya tarik dari Only Murders in the Building adalah Arconia. Blok apartemen rapat bergaya abad ke-19 yang terletak di tengah kota. MainMain sampai harus mengulang beberapa scene untuk memperhatikan detail lingkungan apartemennya.

Di Indonesia, kalian jelas nggak akan menemui bangunan seperti ini. Namun, kalau kalian pernah berjalan di 86th Street antara Broadway dan Amsterdam Avenue di New York City, kalian mungkin mengira sedang berada di dalam dunia Only Murders in the Building.

Dalam series tersebut, Arconia bukan hanya jadi latar peristiwa. Melainkan jadi sorotan yang berjalan mengikuti plot-nya. Itu lah mengapa kata “Building” dimaksudkan dalam judulnya. Nama asli gedungnya adalah The Belnord. Yang saat ini masuk dalam daftar National Register of Historic Place.

Komedi gelap besutan Hulu itu mengikuti trio tetangga yang tinggal di Arconia yang berubah menjadi penyelidik kejahatan di Upper West Side New York.

Oliver Putnam (Martin Short), Mabel Mora (Selena Gomez) dan Charles-Haden Savage (Steve Martin) bersatu untuk menyelidiki kematian salah satu penghuni Arconia, Tim Kono (Julian Cihi), dan membuat podcast hasil penyelidikannya.

Meskipun nama Arconia buatan, acara ini sukses menangkap nuansa New York, berkat lokasi pembuatan film yang terkenal dan pemeran karakter pendukung unik yang membangun citra penghuni.

Dibangun pada tahun 1908 oleh firma arsitektur Hiss and Weekes, The Belnord mencakup seluruh blok. Bangunan batu kapur ini terkenal dengan lengkungannya yang mengarah ke halaman interior seluas 185 meter persegi. Halaman ini berada di tengah dan dikelilingi oleh lebih dari 200 apartemen.

Robert A.M. Stern, yang meluncurkan renovasi Belnord pada tahun 2018, menyebut gedung apartemen 14 lantai itu sebagai salah satu bangunan tempat tinggal termegah di New York dalam sebuah wawancara dengan Architectural Digest. Bangunan itu dinamai Landmark Kota New York pada tahun 1966.

Ada beberapa renovasi yang mengubah sekitar 95 unit sewaan menjadi kondominium mewah. Saat ini, unit di gedung yang telah direnovasi itu berharga antara USD 3 juta dan USD 13 juta.

Pencipta Only Murders selalu membayangkan acaranya berlatar apartemen seperti ini. Menurut co-creator acara, John Hoffman, menyebut Belnord sebagai lokasi pembuatan film menginspirasi para kreator untuk berpikir lebih besar.

“Aku terobsesi,” kata Hoffman kepada New York Times tentang gedung itu. “Aku tahu kami bisa membuat sesuatu yang lebih tinggi dari gedung yang menakjubkan itu. Klise untuk mengatakan bahwa bangunan itu sendiri adalah sebuah karakter, tapi aku suka tantangan untuk sedikit melampaui klise itu."

Sementara itu, The Ansonia, gedung apartemen lain di Upper West Side, kemungkinan juga menginspirasi nama dari Arconia. Sejarah bangunan batu kapur yang terletak di Broadway antara 73rd dan 74th Streets, juga menginspirasi suasana acara itu.

Only Murders in the Building 2 sekarang tayang di Hulu. Di Indonesia, kalian bisa menontonnya di Disney Hotstar. (*)

Foto: Hulu

Artikel Terkait
Entertainment
Selena Gomez Klarifikasi Pendapatnya Soal Serial TV Disney: Aku Beruntung Banget

Entertainment
Selena Gomez Jadi Penyelidik di Serial Komedi “Only Murders in the Building”

Entertainment
Selena Gomez Terlihat Misterius di Teaser Serial ‘Only Murders In The Building’