Tech

Samsung Menyiapkan Ponsel Lipat Kelas Menengah

Jingga Irawan

Posted on June 30th 2022

Samsung kabarnya tengah mengerjakan beberapa smartphone lipat kelas menengah yang jauh lebih terjangkau daripada ponsel kelas atas Galaxy Z-series saat ini.

Berita itu muncul setelah kabar yang mengatakan Samsung sedang mengerjakan smartphone lipat dan menjadi bagian dari lini Galaxy A dengan harga terjangkau.

Laporan itu diungkap oleh seorang sumber rahasia yang juga mengklaim kalau perilisannya masih butuh beberapa tahun lagi. Sehingga, belum ada informasi yang lebih spesifik tentang perangkat itu sendiri, mengingat perkembangannya kemungkinan pada tahap awal.

Laporan terbaru soal smartphone lipat Samsung dengan harga terjangkau berasal dari publikasi Korea Selatan ET News. Mereka menyebutkan Samsung sedang mengerjakan setidaknya dua smartphone lipat kelas menengah baru.

Salah satu perangkat ini akan menjadi ponsel clamshell seperti Z Flip 3, sementara yang lain akan bergaya seperti Galaxy Fold berukuran tablet standar. Menurut laporan tersebut, kedua perangkat ini akan dibanderol dengan harga yang lebih rendah, sekitar USD 770 (Rp 11,4 juta)

Laporan tersebut juga mengklaim kalau Samsung ingin meniru kesuksesan Galaxy A-line dengan merilis smartphone lipat barunya, tetapi tak mengonfirmasi apakah rilisan itu akan menjadi bagian dari jajaran Galaxy A. Samsung dikatakan menargetkan tanggal rilis 2024 untuk perangkat yang akan datang.

Awal bulan ini, laporan dari Display Supply Chain Consultants (DSCC) mengungkapkan perusahaan Korea Selatan itu tetap menjadi pemimpin global dalam smartphone lipat dengan pangsa pasar 74 persen di awal tahun 2022. Galaxy Z Flip 3 dilaporkan sebagai perangkat terlaris di kelasnya.

Meskipun begitu, Samsung bukan satu-satunya perusahaan yang menggarap ponsel lipat terjangkau. Pabrikan smartphone Tiongkok, Oppo, dikatakan sedang mengembangkan smartphone lipat clamshell sendiri dengan label harga sekitar USD 750 (Rp 10 juta).

Oppo juga sudah memiliki smartphone lipat bergaya Galaxy Z Fold bernama Find N yang dibanderol dengan harga USD 1.150 di Tiongkok. Namun, perangkat lipat barunta akan menjadi smartphone clamshell yang mirip Z Flip 3. Jika rumornya akurat, harganya akan jauh lebih rendah daripada clamshell terbaru Samsung, yang memiliki harga yang diminta USD 999.(*)

Foto: Samsung

Artikel Terkait
Tech
Tampilan Full Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Z Fold 4 Bocor

Tech
Samsung Rilis Jajaran Galaxy Book 2 Pro, Didukung Webcam 1080p

Tech
Samsung akan Pamerkan Galaxy Note Generasi Baru pada 5 Agustus