Current Issues

Pfizer dan Moderna Siapkan Vaksin Booster Covid-19 Khusus untuk BA.1

Dwiwa

Posted on June 29th 2022

Baru-baru ini, Pfizer Inc (PFE.N) dan Moderna Inc (MRNA.O) mengumumkan jika mereka sedang menyiapkan vaksin booster Covid-19 khusus untuk varian Omicron BA.1. Pada Selasa, 28 Juni 2022, mereka mengungkapkan jika vaksin yang dirancang untuk memerangi varian Omicron BA.1 akan hadir lebih cepat daripada yang menargetkan subvarian yang dominan saat ini.

Dilansir Reuters, Moderna mengatakan akan siap dengan beberapa ratus juta vaksin bivalen yang dirancang untuk memerangi BA.1 pada September. Tetapi jika booster dibuat untuk memerangi subvarian BA.4 dan BA.5 yang saat ini dominan, vaksin baru akan tersedia akhir Oktober atau awal November.

Dalam pernyataannya minggu lalu, Moderna mengatakan jika vaksin baru buatannya menghasilkan perlindungan yang kuat dan tahan lama terhadap keluarga varian Omicron. Tetapi mereka mengakui jika vaksin yang mereka buat saat ini masih menimbulkan respon yang lebih lemah terhadap BA.4 dan BA.5 dibanding yang dilakukan terhadap subvarian BA.1.

Sementara Pfizer mengatakan telah memproduksi sejumlah besar vaksin BA.1 dan sedang bersiap untuk memproduksi sejumlah besar vaksin melawan subvarian BA.4 dan BA.5. Dikatakan bahwa kedua vaksin itu bisa siap untuk peluncuran awal Oktober.

Dalam rilisnya beberapa waktu lalu, Prof. Ugur Sahin, M.D., CEO dan Co-founder BioNTech mengatakan data menunjukkan kemampuan kandidat vaksin monovalen dan bivalen yang diadaptasi untuk Omicron secara signifikan meningkatkan respons netralisasi antibodi spesifik varian. (*) 

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Current Issues
Moderna Mulai Uji Coba Vaksin Covid-19 untuk Omicron Pada Orang Dewasa

Current Issues
Belum Semua, Ini Daftar Vaksin yang Sudah Bisa Mendapat Booster di Januari

Current Issues
Studi: Dosis Vaksin Ketiga Melindungi dari Varian Omicron