Interest

Beli Pertalite dan Solar Wajib Daftar Mulai 1 Juli, Bagaimana Caranya?

Dwiwa

Posted on June 29th 2022

Buat konsumen pertalite maupun solar, ada kabar penting yang perlu kamu tahu nih. Mulai 1 Juli 2022 mendatang, Pertamina berencana untuk melakukan uji coba pembelian bahan bakar minyak (BBM) pertalite dan solar hanya untuk yang telah terdaftar.

Jadi, sistem pembeliannya tidak lagi bisa bebas seperti selama ini. Tetapi, konsumen yang ingin membeli diwajibkan untuk lebih dahulu mendaftar di aplikasi atau situs MyPertamina.

Menurut Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, hal ini dilakukan agar penyaluran BBM bersubsidi bisa tepat sasaran. Sebab jika tidak diatur, ada kemungkinan kuota pertalite dan solar yang sudah ditetapkan untuk satu tahun tidak mencukupi.

Meski begitu, untuk tahap awal ini kebijakan tidak langsung serempak diterapkan di seluruh wilayah Indonesia. Di awal Juli nanti, hanya beberapa kota dan kabupaten di 5 provinsi yang sudah akan menerapkan kebijakan ini.

Kelima provinsi yang dimaksud adalah Sumatera Barat, Jawa Barat, Yogyakarta, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Utara. Sementara untuk kota dan kabupaten meliputi Kota Bukit Tinggi, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kota Sukabumi. Selain itu juga termasuk kota Yogyakarta, Kota Banjarmasin, dan Kota Manado.

Lalu, bagaimana cara mendaftar agar bisa membeli pertalite atau solar subsidi jika tidak punya aplikasi MyPertamina? Dilansir laman subsiditepat.mypertamina.id, berikut langkah-langkah pendaftaran untuk pengguna baru.

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya.

2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id.

3. Centang informasi memahami persyaratan.

4. Klik daftar sekarang.

5. Ikuti instruksi dalam website tersebut.

6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala.

7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

Jadi, buat kamu yang ada di 11 wilayah yang disebutkan di atas, atau yang sering berkunjung ke sana, bisa segera melakukan pendaftaran agar tidak kerepotan saat kebijakan ini mulai berlaku.

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Awas Aplikasi MyPertamina Palsu, Jangan Unduh Selain di Playstore dan Apps Store

Interest
Bayar BBM Pakai Aplikasi Bisa Picu Ledakan di SPBU? Cek Faktanya...

Interest
Empat Hal Ini Cuma Kamu Temuin di Aplikasi BBM