Entertainment

Berapa Usia Vecna dan Henry Creel dalam ‘Stranger Things’?

Jingga Irawan

Posted on June 29th 2022

Seiring dengan Stranger Things season 4 yang memuncaki Top 10 Global Netflix sebulan berturut-turut, teori soal Henry Creel dan Vecna nggak ada habisnya. Baru-baru ini, seorang pengguna TikTok menebak kalau Henry sebenarnya adalah kakak Karen Wheeler alias Ibunya Mike. Pasalnya, usia mereka nggak terpaut jauh. Selain itu, teori ini muncul karena Ibu Mike memiliki ciri-ciri yang sama dengan adik Henry di tahun 1959.

So, berapa sih sebenarnya usia Henry Creel?

Dibandingkan dengan monster lain, seperti Demogorgon dan Mind Flayer, Vecna sangat menakutkan dan lebih teliti untuk menyiksa korbannya. Seiring berjalannya waktu, season 4 mengungkapkan kebenaran di balik identitas dan motif Vecna mengungkap sejarah kusut yang sudah mengikat kota Hawkins.

Vecna terungkap di episode terakhir season 4, volume 1. Penonton mengetahui kalau bukan hanya Henry Creel, Vecna juga memiliki identitas lain. Yakni Number One (001). Dia adalah pertama yang menjadi bahan eksperimen di Hawkins Lab.

Seperti yang diteorikan Dustin pada awal season 4, Upside Down telah ada selama ribuan tahun, yang berarti bahwa Vecna bukanlah kejahatan utama yang ada di dimensi alternatif, usianya berpotensi lebih dekat dengan orang dewasa di series itu.

Kalau dia benar-benar menua di Upside Down, Vecna mungkin berusia akhir 30-an pada 1986, tahun saat Stranger Things 4, volume 1 berlangsung.

Vecna menjadi monster tujuh tahun sebelumnya, ketika Eleven mengalahkan Henry Creel dewasa a.k.a One, di Hawkins Lab dan dia dibuang ke Upside Down. Jika secara teknis dia belum menua sejak saat itu, dia akan berusia sama seperti tahun 1979. Kemungkinan lain adalah Vecna ​​baru berusia pertengahan 30-an jika dia terjebak dalam tahun 1983, seperti pembekuan waktu di Upside Down.

Berapa Usia Henry Creel Pada Tahun 1959?

Mengikuti artikel surat kabar yang muncul di layar Stranger Things season 4 episode 3, Henry Creel berusia 12 tahun ketika pembunuhan terjadi pada tahun 1959. Sehingga tahun kelahirannya sekitar tahun 1947.

Ini sedikit lebih muda dari usia aktor sebenarnya. Setelah dia secara brutal membunuh ibu dan saudara perempuannya, Henry Creel dikirim ke Hawkins Lab sebagai anak laki-laki, di mana Dr. Brenner saat masih muda mulai melakukan tes padanya, hingga memberinya nama Number One

Berapa Usia 001 Pada Tahun 1979?

Jika Henry Creel berusia 12 tahun pada tahun 1959, itu berarti dia berusia sekitar 32 tahun saat bekerja di lab. Ini sesuai dengan usia aktor Jamie Campbell Bower, yang memerankan Henry/One, selama pembuatan film Stranger Things season 4.

Setelah merencanakan dengan Eleven untuk melarikan diri dari lab, dia mengungkapkan bahwa dia adalah Number One. Setelah itu dia melakukan pembunuhan dan mengamuk pada staf serta anak-anak di lab. Eleven kemudian mengalahkannya dengan membuka portal ke Upside Down, di mana ia dibuang dan berubah menjadi Vecna ​​yang mengerikan.

Sementara acara tersebut sudah memberikan rincian mengenai usia sebenarnya Vecna ketika dia masih manusia, beberapa informasi penting masih belum diketahui.

Misalnya, mengingat kekuatannya yang besar, nggak jelas mengapa Vecna baru memulai terornya pada tahun 1986, mengapa baru sekarang? Dan jauh setelah Will tertangkap Demogorgon serta dirasuki Mind Flayer. Tetapi mudah-mudahan, pertanyaan-pertanyaan ini akan dijawab di Stranger Things season 4 volume 2 yang tayang pada 1 Juli mendatang.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
Penjelasan Ending ‘Stranger Things’ Season 4, Ungkap Masa Lalu Eleven

Entertainment
Produksi Sempat Tertunda, ‘Stranger Things’ Musim 4 Tambah Pemain Baru

Entertainment
Teaser Baru ‘Stranger Things’ Season 4 Dirilis, Fans Diajak ke Masa Lalu