Tech

Gmail Tambahkan Indikator Penyimpanan untuk Android dan iOS

Jingga Irawan

Posted on June 29th 2022

Di web, Gmail sudah lama menambahkan tampilan berapa banyak ruang penyimpanan yang sudah digunakan di bagian bawah halaman. Tetapi nggak semua pengguna selalu memakai web untuk mengakses layanan Gmail bukan?

Nah, sekarang, tampilan untuk "penyimpanan yang digunakan" tersedia di aplikasi Gmail seluler. Baik untuk aplikasi Android maupun iOS. Dengan begini, kalian bisa melihat berapa banyak ruang yang sudah kalian pakai dari satu akun Gmail dari smartphone tanpa harus membuka web.

Tampilan tersebut juga membantu banget bagi kalian yang mengandalkan penyimpanan Gmail secara gratis. Sehingga kalian bisa mengosongkan ruang untuk file yang lebih lama atau sudah nggak lagi diperlukan.

Di aplikasi seluler Gmail, Google menambahkan indikator "penyimpanan yang digunakan" di bagian akun setelah kalian mengetuk avatar profil di pojok kanan atas halaman utama. Tampilan itu muncul di bawah tulisan "kelola akun Google anda" dan berada di atas daftar alamat email lainnya.

Tampilan ini memperlihatkan cloud dengan empat warna Google di sebelah kiri, persentase penyimpanan yang kalian gunakan, dan seberapa banyak total penyimpanan kalian secara keseluruhan.

Jika kalian menekannya, kalian akan dialihkan ke halaman "kelola penyimpanan anda dengan Google One.” Di situ tercatat berapa penggunaan Google Foto, Gmail hingga Drive secara rinci.

Nah, kalau kalian melihat penyimpanan tersebut hampir penuh, kalian bisa mengosongkan ruang dengan tombol di bagian bawah. Bahkan ada juga pintasan untuk membeli penyimpanan tambahan di bagian atas.

Jika tampilan tersebut belum muncul di smartphone, kalian bisa memperbarui aplikasi Gmail dengan versi teranyar yang sudah tersedia di Play Store maupun App Store.(*)

Artikel Terkait
Tech
Gmail Punya Tampilan Baru, Tapi Gak Beda Jauh dengan yang Lama

Tech
Makin Komplit, Aplikasi Gmail Bakal Bisa Buat Telpon dan Panggilan Video

Tech
Makin Nyaman, YouTube, Gmail, Twitter, hingga WhatsApp Bisa Mode Gelap