Lifestyle

4 Hal Buruk Ini Bisa Terjadi pada Kalian Saat Melakukan Diet Ketat

Dwiwa

Posted on June 28th 2022

Memiliki bentuk badan ideal sering membuat orang rela melakukan apa saja, termasuk menjalankan diet ketat. Menurut Eat This, Not That!, diet ketat ini mencakup semua hal yang termasuk ke dalam fad diet - diet yang membuat kita terjerumus dalam kebiasaan yang tidak sehat dengan harapan dapat menghasilkan penurunan berat badan yang cepat.

Meski terlihat seperti cara cepat menurunkan berat badan, namun sebenarnya ini lebih banyak memberikan kerugian dibanding manfaat. Membiarkan diri kelaparan, makan lebih sedikit, dan tidak mengonsumsi jumlah kalori yang tepat dapat menyebabkan lebih banyak efek samping negatif yang tidak kalian ketahui.

Lalu efek samping apa saja yang mungkin dirasakan ketika seseorang melakukan diet ketat?

Kepada Eat This, Not That!, Laura Burak MS, RD, pendiri GetNaked® Nutrition dan penulis Slimdown with Smoothies, menjelaskan ada beberapa dampak buruk yang mungkin terjadi dari diet detoks, fad, dan diet ketat lainnya.

1. Berdampak pada pikiran

"Sederhananya, diet ketat kronis membahayakan kesehatan kita secara keseluruhan, baik dalam pikiran maupun tubuh," kata Burak.

Burak mengatakan mengonsumsi terlalu sedikit kalori memperlambat metabolisme dan menyebabkan tubuh kehilangan massa otot. Ini adalah kombinasi yang, pada awalnya, dapat membuat berat badan kita turun dengan cepat, tetapi kemudian tubuh akan mempertahankan setiap kalori yang dimakan untuk melindungi kita.

"Begitu kamu tidak dapat mempertahankan diet yang tidak realistis ini dan mulai makan lebih banyak lagi, atau biasanya makan berlebihan pada semua hal yang tidak boleh dimakan, berat badan kamu biasanya akan kembali bertambah dan lebih banyak dari saat memulai. Ini membuatmu merasa lebih buruk," jelasnya.

2. Kekurangan nutrisi

Selain fakta bahwa kamu makan lebih sedikit secara keseluruhan, jumlah nutrisi dan vitamin yang berasal dari makanan sehat juga tidak lagi mencukupi atau bahkan tidak lagi dikonsumsi.

"Kalori adalah energi dari makanan, alias membuat kita tetap hidup. Jadi mengonsumsi kalori dan nutrisi dalam jumlah yang tidak memadai membuat tubuh dan pikiran kita kehilangan nutrisi penting dan dapat membebani organ vital seperti jantung," lanjut Burak.

3. Merusak kehidupan sosial

Jika kamu terus-menerus memperhatikan apa yang dimakan dan seberapa banyak, kemungkinan kamu tidak akan aktif keluar dan makan di restoran, atau bahkan menghadiri pesta makan malam. Ini karena kamu terlalu fokus membatasi asupan makanan.

"Membatasi cenderung mempengaruhi kehidupan sosial kita dan sangat mengisolasi," kata Burak. "Kamu tidak dapat makan dengan cara yang fleksibel dan menyenangkan dengan teman-teman dan bahkan mungkin menghindari situasi sosial."

Baca Juga : Pemenang YouthCon 2019 Berangkat ke Singapura, Siap Lakukan Trip 3 Hari!

4. Bermasalah dengan kepercayaan diri

Jangan terjebak pada keinginan untuk menurunkan berat badan dengan cepat hingga akhirnya terjebak pada diet ketat. Cara ini tidak akan berhasil dan justru mungkin akan mengganggu kepercayaan dirimu.

Menurut Burak, tubuh kita terlalu pintar dan berusaha melindungi kita saat melakukan diet terlalu ketat. Itulah sebabnya berat badanmu bisa kembali lebih cepat.

"Pikiran dan tubuh kita akan melakukan segala daya untuk membuatmu melindungi diri," katanya. "Ini bukan kurangnya kemauan seperti yang mungkin kamu yakini, melainkan hanya tubuhmu yang melakukan tugasnya. 'Darurat! Sue kelaparan, kami membutuhkannya untuk menemukan makanan secepatnya!'"

Lebih lanjut, Burak mengatakan diet ketat hanya menunjukkan hal yang sama, apakah itu kurangnya pendidikan nutrisi dan/atau riwayat gangguan makan dan mentalitas diet.

Bagaimana menghindari diet ketat?

"Ini rahasianya: ini sebenarnya tentang menambah dan meningkatkan diet dan hidupmu untuk menciptakan keseimbangan ini sehingga kamu mungkin merasa puas untuk pertama kalinya dalam hidup," papar Burak. "Saya tahu itu terdengar gila bagi sebagian dari kalian yang berpikir bahwa satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi dan membatasi, tetapi itu tidak benar."

Dia menambahkan bahwa kamu harus melihat hidup secara keseluruhan dan menghargai tubuh kuat yang luar biasa dan kompleks yang diberikan kepadamu.

"Ada media bahagia di mana-mana, dan saya yakin ada yang namanya penurunan berat badan yang sehat," katanya. "Tidak ada salahnya kamu ingin menjadi lebih sehat dan merasa lebih baik."

Kata-kata penyemangatnya lebih lanjut mengatakan bahwa tidak peduli siapa kamu, teruslah mencoba untuk hidup yang lebih sehat. Untuk melakukannya, perlahan-lahan sesuaikan kebiasaan sambil tetap memberi makan diri sendiri secara memadai. Dengan cara ini, kamu dapat secara realistis mempertahankan berat badan yang sehat.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Lifestyle
Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Membantu Enyahkan Lemak Dari Perut Buncit

Lifestyle
Lakukan Kebiasaan Makan Ini dan Ucapkan Selamat Tinggal Pada Perut Buncit

Interest
Mitos-Mitos Diet dan Olahraga yang Sering Didengar, Ada yang Kamu Lakukan?