Lifestyle

5 Fakta tentang Bipolar, Gangguan Kesehatan Mental yang Dialami Marshanda

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 28th 2022

Kalau kamu aktif di Twitter, kemungkinan besar sempat menemukan trending topic yang membahas tentang Marshanda, artis asal Indonesia yang disebut-sebut sempat hilang di Los Angeles. Marshanda disebut hilang karena sedang mengalami episode manik yang ada di bipolar. Nah, simak beberapa fakta tentang bipolar di bawah ini.

Nama bipolar

Bipolar sendiri sering disebut sebagai gangguan bipolar atau bipolar disorder. Nama lainnya adalah manic depression. Bipolar sendiri adalah istilah untuk menggambarkan dua sisi yang berlawanan. Gangguan bipolar adalah gangguan mood yang gejalanya adalah memasuki episode manik dan depresi.

Baca Juga : Pemenang YouthCon 2019 Berangkat ke Singapura, Siap Lakukan Trip 3 Hari!

Ciri-ciri

Seseorang yang memiliki gangguan bipolar akan merasakan episode manik yaitu episode saat mood benar-benar naik, bersemangat, produktif, dan kreatif banget. Ini bisa disalahartikan sebagai mode produktif, padahal bukan. Nah, setelah mengalami episode manik, seseorang akan merasakan episode depresi yaitu merasa tak berenergi, sedih, cemas, hampa, dan tidak bersemangat melakukan hal-hal yang dulu disukai.

Perubahan fase bisa terjadi dalam beberapa jam, hari, bahkan tahun. Namun, biasanya episode manik berlangsung lebih singkat daripada episode depresi. Ini yang membedakan gangguan bipolar dengan depresi yaitu ada fase manik.

Penyebab

Belum ditemukan mengapa gangguan bipolar dapat terjadi pada seseorang. Namun, ada faktor genetik, lingkungan, mutasi genetik, struktur otak yang berbeda, hingga trauma masa kecil yang diduga dapat termanifestasi menjadi gangguan bipolar.

Baca juga: Selena Gomez Ungkap Dirinya Mengidap Bipolar, Apa itu?

Bipolar di Indonesia

Gangguan bipolar merupakan gangguan mental yang cukup sering terjadi di Indonesia. Karena banyaknya penderita dan penyintas gangguan ini, ada komunitas untuk mendukung penyintas gangguan bipolar yaitu Bipolar Care Indonesia.

Mitos-mitos

Ada beberapa mitos terkait gangguan bipolar yang umum di masyarakat. Yang pertama adalah penderita gangguan bipolar itu hanya moody. Fase manik adalah fase yang bagus karena bisa produktif. Nah, itu salah banget karena perubahan mood dalam gangguan bipolar sangat ekstrem dan menghambat aktivitas. Fase manik memang bikin seseorang produktif, tapi juga berpotensi membuat seseorang bertindak impulsif dan melakukan hal-hal yang ia sesali.

Gangguan bipolar juga tidak bisa hilang hanya dengan makan makanan tertentu atau melakukan hobi khusus. Memang gangguan ini merupakan gangguan yang cukup umum, tapi tetap penanganannya harus dilakukan oleh ahli. Nah, kalau kamu merasakan beberapa ciri dari gangguan ini, jangan langsung menyimpulkan sendiri ya. Konsultasikan ke psikolog atau psikiater terlebih dahulu untuk mendapat pandangan yang tepat.(*)

Gambar: pikisuperstar/Freepik

Artikel Terkait
Current Issues
Selena Gomez Ungkap Dirinya Mengidap Bipolar, Apa itu?

Lifestyle
Wondermind, Platform Kesehatan Mental Selena Gomez yang Patahkan Stigma

Lifestyle
Sulit Banget Menyelesaikan Tugas, Sebenarnya Depresi atau Malas? Nih Bedanya