Lifestyle

Biar Gak Jadi "Remaja Jompo", Lakukan 3 Tips Ini Biar Tetap Bugar

Soffya Ranti

Posted on June 28th 2022

Fenomena "remaja jompo" semakin marak. Fenomena ini berawal dari banyaknya pengguna media sosial yang sering memposting keadaan fisiknya yang mudah pegal-pegal. Tak hanya itu mereka juga merasakan seringnya masuk angin, nyeri pinggang, dan keluhan lainnya.

Maka dari itu ungkapan "Remaja Jompo" tersemat bagi mereka. Jompo sendiri memiliki arti ‘tua sekali dan sudah lemah fisiknya’. Hal tersebut tentu bertolak belakang dengan usia mereka yang belum memasuki rentang umur uzur.

Dilansir dari laman Gema Unesa, Dokter RS PKU Muhammadiyah, Prambanan Dien Kalbu Ady menjelaskan terdapat beberapa penyebab fisik remaja  mudah lemah. Beberapa di antaranta seperti:

Kurangnya aktivitas fisik

Kurangnya aktivitas fisik akan membuat tubuh mudah terkena obesitas. Tubuh yang mulai obesitas akan membuat otot tidak mampu menahan beban lebih. Akibatnya nyeri otot dan sendi sering terjadi.

Posisi duduk yang salah

Salah satunya penyebab tubuh mudah lelah bisa jadi karena posisi duduk yang salah. Kursi di rumah yang kamu habiskan untuk aktivitas Work From Home atau belajar seharian kurang memiliki sifat ergonomis. Hal inilah yang membuat sendi dan otot mudah mengalami nyeri.

Stres

Stres jadi pemicu utama fisikmu menjadi lemah. Kondisi stres dapat mempengaruhi berbagai aktivitas rutin. Kamu jadi mulai malas makan, jam tidur tidak ideal, hingga malas berolahraga. Hal tersebut membuat kondisi fisik melemah dan kamu menjadi mudah terkena berbagai penyakit.

Agar mencegah fenomena ‘Remaja Jompo’ menghampiri. Kamu bisa menerapkan beberapa pola hidup sehat berikut ini.

Baca Juga : Pemenang YouthCon 2019 Berangkat ke Singapura, Siap Lakukan Trip 3 Hari!

Konsumsi makanan dengan gizi ideal

Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Perbanyak sayuran dan buah-buahan. Selain itu cukupi asupan air putih 2 liter sehari.

Baca Juga: Bukan Air Putih, Ini Dia Minuman Yang Wajib Kamu Minum Sebelum Olahraga

Olahraga

Rutin melakukan olahraga. Olahraga secara rutin dapat memperkuat daya tahan tubuh. Kekuatan otot dan tulang. Selain itu olahraga akan memicu hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa nyeri dan membuat pikiran lebih rileks.

Mengontrol stress

Salah satu penyebab tubuhmu melemah adalah stress. Cobalah mengontrol stress dengan sebaik mungkin. Mulai dari memperbaiki pola tidur dan coba melakukan meditasi agar membantu pikiranmu lebih tenang. (*) 

Foto: Penn Medicine

Artikel Terkait
Current Issues
Puasa Bikin Sering Sembelit? Selain Serat, Coba Atasi dengan Kopi

Lifestyle
5 Tanda Hubungan yang Makin Memburuk dan Akan Usai, Harus Segera Evaluasi

Lifestyle
10 Langkah Simpel untuk Jadi Pendengar Cerita yang Baik