Tech

Cara Agar Orang Asing Gak Bisa Mengirimi Kamu Pesan di Messenger

Jingga Irawan

Posted on June 28th 2022

Facebook Messenger merupakan aplikasi terpusat untuk membantu kalian mengirim pesan dengan orang-orang yang ada di Facebook dan Instagram. Tetapi, biasanya banyak orang iseng atau punya niat jahat untuk mengirimi kalian pesan spam atau link penipuan dari aplikasi satu ini.

Nah, kali ini MainMain bakal memberi tahu cara agar pengguna Facebook Messenger dapat mencegah orang asing mengirim pesan, dan ini mungkin berguna untuk mengurangi spammer maupun penyusup.

Karena Messenger terhubung langsung ke Facebook, beberapa pengguna bahkan bisa menerima ratusan pesan spam. Namun, ada berbagai pengaturan privasi yang dapat diubah pengguna untuk mencegah hal ini.

Pengguna bisa mulai menyesuaikan preferensi pesan dengan membuka Messenger di Android atau iOS dan mengetuk gambar profil mereka di sudut kiri atas.

Setelah membuka menu utama, pengguna harus menekan tombol “privasi” dan memilih opsi pertama, “pengiriman pesan”. Seperti namanya, kumpulan kelompok tertentu ini memungkinkan pengguna untuk mengelola dan memilih orang-orang yang bisa mengirimkan pesan kepada pengguna.

Di sana terdapat beberapa bagian yang menunjukkan, “orang yang punya nomor telepon Anda”, “teman dari teman di Facebook”, “akun yang Anda ikuti atau ngobrol dengan Anda di Instagram”, “pengikut Anda di Instagram”, “orang lain di Facebook” dan terakhir “orang lain di Instagram.”

Pengguna Messenger dapat memilih di antara tiga opsi berbeda untuk setiap kelompok teman atau pengikut. Pengguna dapat memilih untuk menerima pesan mereka langsung ke “obrolan”, masuk ke “permintaan pesan” atau tak menerimanya sama sekali.

Jika pengguna memilih kategori “obrolan”, pesan akan masuk langsung ke bagian utama. Nah, kalau pengguna memilih “permintaan pesan”, pesan yang orang lain kirim akan masuk ke bagian permintaan, jadi harus menunggu persetujuan pengguna dulu untuk bisa masuk ke bagian utama.

Terakhir, jika pengguna memilih tak menerima sama sekali”, artinya kalian nggak akan menerima pesan tersebut sama sekali.

Misalnya, pengguna memilih opsi “jangan terima permintaan” untuk kategori “orang lain di Facebook” dan “orang lain di Instagram.” Dengan begitu kalian nggak akan menerima pesan sama sekali dari orang asing di Messenger.

Ketika pengguna memilih untuk nggak menerima permintaan, pengirim pesan akan melihat tulisan “Pengguna ini tak menerima permintaan pesan” di dalam percakapan. Perlu diperhatikan kalau ketika seseorang yang nggak dikenal pengguna mengirim pesan di Messenger, pesan tersebut langsung masuk ke “permintaan pesan” atau “spam.”

Pengguna Messenger juga dapat mengelola pengaturan tersebut melalui versi web. Pertama, pengguna harus membuka situs Messenger.com, masuk ke akun, lalu mengetuk foto profil mereka di sudut kiri atas layar. Selanjutnya, klik “preferensi”. Pada titik ini, opsi “kelola pengiriman pesan” akan muncul. Ketika pengguna mengklik opsi ini di pengaturan Facebook Messenger, halaman web Facebook baru yang berisi preferensi yang sama akan terbuka.(*)

Foto: Pixabay

Baca Juga: Pemenang UBS YouthCon 2019 Berangkat ke Singapura, Siap Lakukan Trip Tiga Hari!

Artikel Terkait
Tech
Asyik, DM Twitter Kini Berasa Seperti Jendela Obrolan Perpesanan

Tech
8 Update Direct Message Instagram Mulai dari Emoji Custom sampai Mode Menghilang

Tech
Makin Nyaman, YouTube, Gmail, Twitter, hingga WhatsApp Bisa Mode Gelap