Esports

GTA VI Siap Usung Cross Platform, Siap Dirilis Tanggal...

Ridho

Posted on June 27th 2022

Jika saat ini ada salah satu game yang paling dinanti oleh para gamers, maka GTA 6 adalah jawabannya. Sebab, sejak pertama kali munculnya berita perilisan game yang dikembangkan Rockstar itu mencuat, antusias para penggemar langsung tinggi.

Sejak munculnya spekulasi dari laporan Kotaku pada 2020 silam, yang mencakup pada rencana Rockstar untuk membangun entri baru dalam seri Grand Theft Auto, banyak sekali bermunculan bocoran dan kabar perkembangan pengembangan GTA 6. Sejak saat itu, kebocoran telah meluas dengan cepat, salah satunya detail tentang gameplay.

Kata resmi pertama muncul dari para pengembang datang secara mengejutkan pada 4 Februari 2022 lalu. “Kami sangat senang untuk mengonfirmasi bahwa pengembangan aktif untuk entri berikutnya dalam seri GTA sedang berlangsung dengan baik,” ujar Rockstar dikutip dari Gamingonphone.

Meskipun sejauh mana pengembangan proyek ini masih belum terlihat. Meskipun bocoran yang memprediksi rilis 2023, tapi belum ada informasi konkret mengenai judul Grand Theft Auto terbaru.

Terbaru, menurut analis Industri Michael Patcher, penggemar bisa menunggu hingga setelah 2022 untuk tanggal rilis GTA 6: "Saya katakan itu keluar setelah 2022. Ingat, Red Dead Redemption 2 keluar delapan tahun setelah edisi yang pertama," ungkapnya.

Pembocor dan orang dalam yang andal, Tom Henderson, telah memperkirakan waktu yang sama. Ia mengungkapkan bahwa kemungkinan game tersebut akan dirilis pada 2024 atau 2025. “Jika kalian mengharapkan untuk memainkan game ini dalam beberapa tahun ke depan, saya pasti akan menaruh harapan kalian. Saya tidak berpikir kita akan melihat ini sampai 2024 atau 2025,” terangnya

Sebelumnya, Take Two, perusahaan induk Rockstar, mengungkapkan pada 2020 bahwa mereka mengharapkan peningkatan besar dalam pengeluaran iklan di 2024. Tepatnya, total hampir 90 juta dolar AS sudah mereka kantongi.

Jason Schreier dari Bloomberg telah mendukung pernyataan dari Henderson, dengan mengatakan bahwa dia mendengar kabar rilis serupa dari sumbernya.

“Saya tidak tahu mengapa semua orang berpikir bahwa saya mengatakan GTA VI akan datang pada tahun 2023. Semua yang dikatakan Tom Henderson tentang game ini cocok dengan apa yang saya dengar,” katanya.

Selain fakta sederhana tersebut, penantian para penggemar mungkin akan berakhir. Salah satu bocoran besar lain yang hadir adalah fitur cross-play. Itu akan menjadi tanda perubahan besar yang dilakukan Rockstar.

Sebab, saat ini tidak ada game Rockstar yang memiliki kemampuan untuk mengaktifkan cross-play. Namun, dengan GTA 6, kemungkinan itu bisa menandai pertama kalinya fitur tersebut muncul di salah satu judul game besutan mereka. Dengan adanya fitur ini, memungkinkan para pemain bisa bermain bersama melalui berbagai platform.(*)

Artikel Terkait
Esports
GTA 6 Hadirkan Karakter Utama Wanita, Sosok Protagonis yang Kriminil

Esports
Bocoran Map dan Storyline GTA VI Tersebar, Begini Kisi-kisinya

Esports
Bocoran Map GTA 6, Rockstar Siap Hadirkan Setting Tempat Baru