Tech

Biar Nggak Emosi Pas Buka Aplikasi, Begini Cara Jitu Atasi Force Close

Dwiwa

Posted on June 27th 2022

Pasti rasanya kesel banget saat aplikasi yang kita buka tiba-tiba menutup sendiri atau yang lebih umum dikenal dengan force close atau crash. Hal ini cukup sering ditemukan para pengguna smartphone ketika membuka aplikasi-aplikasi berukuran besar seperti game maupun media sosial.

Lalu apa yang menjadi penyebab aplikasi tiba-tiba menutup sendiri ketika sedang digunakan? Dalam Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika @kemenkominfo, dijelaskan jika ada beberapa hal yang menyebabkan aplikasi di ponsel atau laptop kalian mengalami force close.

Beberapa di antaranya adalah RAM yang terlalu penuh, file cache menumpuk, sistem operasi (OS) sudah nggak kompatibel, hingga ada bug yang membuat aplikasi bermasalah. Kondisi-kondisi tersebut membuat aplikasi tidak bisa berjalan dengan baik sehingga menutup secara paksa.

Ketika force close terjadi, tidak jarang orang jadi merasa panik dan bingung apa yang harus dilakukan. Khususnya bagi yang awam dengan teknologi. Tetapi sebenarnya, masalah force close ini bisa diatasi dengan cukup mudah.

Hal paling sederhana yang bisa dilakukan ketika aplikasi tiba-tiba mengalami force close adalah dengan membersihkan file cache di semua aplikasi. Kalian bisa melakukannya dengan masuk ke pengaturan, lalu cari penyimpanan, dan hapus data dalam cache. Cara ini akan membuat berbagai file sampah yang tidak terpakai disingkirkan sehingga memori jadi lebih lega. Bisa juga ditambah dengan menghapus file cache pada aplikasi yang bermasalah.

Jika setelah menghapus file cache tetapi memori masih tidak mencukupi atau force close tidak teratasi, coba hapus beberapa aplikasi yang sudah tidak terpakai. Jangan lupa untuk menghapus semua data sebelum menghapus aplikasi dari ponsel.

Cara lain yang bisa kalian lakukan adalah dengan menghapus aplikasi yang force close kemudian instal ulang. Hal ini bisa menjadi solusi karena biasanya aplikasi yang terunduh adalah versi terbaru.

Bisa juga dengan melakukan update terhadap sistem operasi pada ponsel. Ini berguna untuk membantu memperbaiki bug yang ada pada smartphone sehingga gawai bisa berjalan dengan lebih optimal.

Selain itu, restart atau reboot pada smartphone bisa dilakukan. Cara ini secara tidak langsung membuat gawai melakukan soft reset sehingga lebih siap untuk digunakan kembali. Bisa juga dengan melakukan factory reset, tetapi risikonya, semua data jadi hilang dan ponsel kembali ke setelan pabrik seperti saat pertama kali dibeli.

Nah itu tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan saat ponsel tiba-tiba mengalami force close. Jika semua cara di atas sudah dicoba dan force close masih sering terjadi, mungkin memang sudah saatnya beli gawai baru. (*) 

 

Foto: Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika

Artikel Terkait
Tech
Bahaya Nggak Sih Menginstal Aplikasi MOD di Smartphone

Tech
Awas Situs Abal-Abal Bisa Curi Datamu, Begini Cara Bedain dengan yang Asli

Tech
Jangan Anggap Remeh! Kebiasaan Sepele Ini Bikin Ponsel Kamu Cepat Rusak