Tech

Mengenal Zoom Progressive Web App & Cara Menggunakannya di Chromebook

Jingga Irawan

Posted on June 27th 2022

Chromebook menjadi salah satu pilihan populer bagi anak kuliahan yang ingin punya laptop dengan harga terjangkau. Namun, kemampuan perangkat ini terbatas dan nggak sama seperti Windows maupun macOS. Bahkan, sebagian besar layanan membutuhkan internet, dan pemasangan aplikasinya tidak mudah. 

Meskipun beberapa pengguna mungkin nggak mengetahui hal ini, layanan video conference Zoom tersedia dalam versi Progressive Web App (PWA) untuk pengguna yang mengoperasikan Chromebook. Perusahaan menyediakan versi PWA karena mereka tahu bahwa kemampuan perangkat keras Chromebook nggak bisa menjalankan aplikasi berat.

Oleh karena itu, sebagian besar layanan yang tersedia di Chromebook berbasis web. Namun, apa itu Progressive Web App, dan mengapa Zoom meluncurkannya untuk pengguna Chromebook?

Untuk memahami apa itu Progressive Web App, kalian harus memiliki pemahaman dasar tentang berbagai jenis aplikasi.

Pertama, ada aplikasi khusus platform yang memberikan pengalaman mandiri kepada pengguna. Aplikasi ini hanya berfungsi di desktop, laptop, atau perangkat seluler masing-masing yang memenuhi persyaratan sistem minimum aplikasi dan untuk hanya sekadar membukanya nggak memerlukan koneksi internet. Namun, kelemahan dari aplikasi ini adalah jangkauannya terbatas.

Nah kedua, ada beberapa aplikasi yang bisa berjalan di perangkat apa pun tetapi harus dengan koneksi internet, terlepas dari kemampuan perangkat kerasnya. Aplikasi semacam itu disebut aplikasi berbasis web. Misalnya, Google Documents adalah aplikasi berbasis web.

Baru-baru ini, pengembang telah membuat versi hibrida khusus yang mampu berjalan seperti aplikasi khusus platform, sekaligus pengguna dapat mengaksesnya melalui perangkat apa pun dengan koneksi internet aktif. Aplikasi semacam itu disebut Progressive Web App.

Misalnya, layanan streaming konten populer YouTube meluncurkan Progressive Web App pada tahun 2021. Singkatnya, PWA menggabungkan fitur terbaik dari aplikasi mandiri dan aplikasi berbasis web.  Saat ini, hampir semua browser web seperti Google Chrome, Apple Safari, Microsoft Edge, dan Firefox mendukung fitur PWA.

Apa itu Zoom PWA?

Sekarang, platform Zoom tersedia sebagai layanan web sekaligus aplikasi yang dapat diinstal untuk beberapa platform, termasuk Windows dan macOS. Sayangnya, meskipun Zoom juga telah tersedia di Chromebook sebagai aplikasi Chrome OS, pengguna nggak akan bisa menggunakannya mulai Agustus 2022 karena Google akan menghentikan dukungannya.

Untungnya, Zoom telah mengatasinya dengan meluncurkan PWA pada Juni 2021. Seperti yang disebutkan di situs resminya, PWA Zoom "memanfaatkan teknologi berbasis web untuk menghadirkan pengalaman desktop asli."

Pengguna dapat menginstal PWA Zoom di Chromebook tanpa masalah. Nggak hanya hanya lebih cepat dan lebih fungsional, PWA ini juga membutuhkan ruang yang lebih sedikit daripada aplikasi biasa. Ini dinamakan kombinasi ideal untuk perangkat berbasis cloud.

Untuk mengunduh Zoom PWA di Chromebook, pengguna harus membuka Google Play Store, cari 'Zoom for Chrome PWA' dan ketuk install. Setelah diunduh, Zoom PWA akan tersedia sebagai aplikasi di perangkat Chrome OS.

Aplikasi ini menyediakan fitur seperti tampilan galeri yang dapat disesuaikan, ruang pilihan sendiri, transkripsi langsung, terjemahan langsung, penyembunyian latar belakang baru, reaksi, dan banyak lagi. Ke depannya, Zoom PWA akan menjadi satu-satunya pilihan bagi pengguna Chromebook.(*)

Artikel Terkait
Tech
Sekarang Kirim Voice Note Lewat WhatsApp Bisa Dicek Lebih Dulu

Tech
Pesaing Zoom, Facebook Messenger Rooms Telah Hadir di AS dan Kanada

Tech
Zoom Punya Fitur Baru, Siswa Tak Bisa Saling Ganggu dan Tetap Fokus