Tech

Instagram Uji Coba Stiker AR dan Fitur NFT Baru

Jingga Irawan

Posted on June 27th 2022

Tak hanya TikTok, Instagram sepertinya ingin menyaingi Snapchat. Dilansir Social Media Today, Instagram saat ini menguji stiker dan teks augmented reality (AR) baru dalam Stories. Dengan fitur ini, kalian bisa menempatkan objek 3D ke dalam video atau foto dunia nyata.

Peneliti aplikasi Alessandro Paluzzi membagikan sebuah contoh dari fitur baru tersebut. Dalam fotonya, terlihat bahwa Instagram mengembangkan berbagai elemen AR itu untuk Instagram Stories. Intinya, pengguna bisa menambahkan objek digital animasi yang bisa kalian overlay di ruang fisik.

Fitur tersebut terlihat mirip dengan World Lenses milik Snapchat, yang diluncurkan pada tahun 2017 lalu. World Lenses Snapchat juga bisa digunakan untuk menambahkan objek virtual ke dalam adegan dunia nyata. Cara kerja stiker AR Instagram kemungkinan akan mirip seperti ini.  

Instagram juga ingin memasukkan elemen AR lainnya, dengan opsi tampilan NFT baru yang juga menyertakan fitur “See in AR.”

“Untuk pertama kalinya, kalian bisa menampilkan NFT 2D yang kalian miliki di mana pun kalian mau menggunakan AR seluler. Dan ketika kalian melakukannya, kalian akan merasa bangga atas barang- digital tersebut karena kalian akan dapat melihatnya dan membagikannya di tempat fisik tempat Anda berada setiap hari,” kata Meta.

NFT itu jelas tak benar-benar ada di ruang fisik. Dan kalian hanya dapat melihat NFT AR melalui kamera Instagram. Tapi itu bisa menambah perspektif lain pada karya seni digital, dan memberikan lebih banyak cara menampilkan objek tersebut, seperti di ruang tamu rumah.

“Sementara kami memulai dengan tampilan dan berbagi AR sederhana, ini akan menjadi langkah kunci untuk mengaktifkan sepenuhnya AR dan NFT imersif asli 3D di masa depan, seperti item dan aksesori virtual, patung, pakaian, dan banyak lagi,” kata perusahaan.

Instagram belum memberikan detail apa pun tentang peluncuran penuh elemen AR-nya, dengan opsi “See in AR” saat ini hanya tersedia untuk sejumlah kecil kreator dan kolektor NFT di Instagram. Tetapi juga fitur ini mendapat feedback yang baik, kemungkinan besar akan diluncurkan Instagram dalam waktu dekat.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Instagram Memperluas Fitur untuk NFT di 100 Negara

Tech
NFT Bakal Hadir di Instagram

Tech
Instagram Bakal Uji Coba Fitur NFT