Sport

Kevin Durant Tak Ikut Campur Urusan Kontrak Kyrie Irving

Tora Nodisa

Posted on June 27th 2022

Foto: mainbasket.com

Situasi tim Brooklyn Nets makin kusut. Setelah James Harden pindah ke Philadelphia 76ers, praktis "Big Three" hilang. Tinggal Kevin Durant dan Kyrie Irving. Tapi kabarnya hubungan mereka tidak harmonis lagi. KD bilang kalau dirinya tidak mau ikut campur urusan kontrak Irving. 

Deadline untuk Kyrie Irving memutuskan akan tinggal atau pindah dari Nets pada 29 Juni 2022. Saat itu dia harus memutuskan apakah menerima opsi pemain senilai AS$36,9 juta untuk musim 2022-23. Kalau dia menerima, maka Irving tetap bermain di Nets. Sebaliknya kalau menolak, maka Irving berstatus "free agent".

Sebaliknya, Kevin Durant punya masa kontrak yang panjang di Nets. KD masih bisa bermain di Nets hingga NBA musim 2025-26. Potensi kepergian Irving bisa membawa dampak besar bagi Durant. Karena, kalau Nets tidak segera mencarikan tandem baru, bisa-bisa Durant meminta perdagangan (trade). 
 
Menanggapi situasi tersebut, KD justru malah tidak mau ikut campur. Seperti dikatakan dalam podcast ETC, KD malah menjawab kalau dia tidak berusaha untuk meyakinkan Irving agar tetap tinggal di Nets. 

"Tidak ada keterlibatan sama sekali," kata Durant. "Maksudku, aku tidak bisa terlibat dengan masalah ini. Menjadi "free agent" adalah salah satu saat terpenting dalam karir di NBA. Orang lain seperti saya tidak bisa ikut campur."

Sampai saat ini, belum ada kabar dari Kyrie Irving. KD juga tidak tahu apa yang dipilih oleh Irving. KD memilih untuk membiarkan semuanya berjalan, dan melihat apa yang terjadi pada akhirnya. "Itu adalah sesuatu yang sangat di luar kendali saya sehingga saya tidak ingin menjadi bagian darinya. Kita lihat saja apa yang terjadi."

Di tengah ketidakpastian tersebut, KD juga dalam situasi yang sulit. Misalnya, ketika Irving memilih jadi pemain "free agent", maka KD akan menjadi satu-satunya bintang di Nets. Sebaliknya, kalau KD tidak sanggup, maka dia bisa meminta pertukaran pemain (trade). Tetapi itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. KD masih punya kontrak empat tahun senilai AS$194,22 juta. Tidak ada tim yang punya ruang gaji sebesar itu untuk saat ini. (*)

Artikel Terkait
Sport
Kyrie Irving Batal Tinggalkan Brooklyn Nets

Sport
Kevin Durant Sudah Tak Betah di Brooklyn Nets

Sport
Diam-diam Kevin Durant Pernah Pakai Signature Shoes Pemain Lain