Lifestyle

Patut Dicoba, Ini 4 Jenis Diet Populer Ampuh Turunkan Berat Badan

Soffya Ranti

Posted on June 24th 2022

Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan diet. Selain berolahraga, diet jadi pelengkap sempurna program menurunkan berat badan. Terdapat berbagai jenis diet yang populer saat ini. Adapun setiap jenis diet memiliki fokus dan keunggulan masing-masing.

Beberapa fokus diet yang sering dijumpai seperti pengurangan nafsu makan, membatasi kalori, karbohidrat, atau lemak.

Jenis diet tersebut memiliki manfaat masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tubuhmu. Bagi kamu yang ingin menjalani program diet, berikut ini beberapa jenis diet yang ampuh turunkan berat badan.

Diet Paleo

Diet Paleo merupakan metode diet yang mengadopsi pola makan manusia zaman paleotikum. Diet ini menerapkan mengonsumsi makanan seperti biji-bijian, daging rendah lemak, telur, ikan, serta umbi-umbian. Sementara itu makanan yang harus dihindari, seperti susu, keju, gula, garam, dan makanan instan. Namun terdapat versi diet paleo yang masih memperbolehkan konsumsi susu dan keju.

Beberapa penelitian menunjukkan diet paleo membuat penurunan berat badan yang seimbang. Seorang yang menerapkan diet paleo secara otomatis akan memiliki porsi makan lebih sedikit namun banyak protein. Selain itu kalori yang dikonsumsi hanya sebesar 300-900 kalori per hari. Tak hanya menurunkan berat badan, diet paleo juga memiliki manfaat mengurangi risiko penyakit jantung.

Diet vegan

Diet vegan menerapkan pola makan yang membatasi segala produk hewani. Diet jenis ini terkadang dikaitkan dengan perlawanan terhadap eksploitasi lingkungan. Jenis diet ini termasuk kategori diet paling ketat.

Pola makan vegan efektif untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut karena konsumsi sayuran akan membuatmu kenyang lebih lama. Salah satu studi mengatakan seorang yang melakukan diet vegan dapat menurunkan berat badan hingga 4,2 kilogram dalam 18 minggu.

Diet rendah karbohidrat

Diet rendah karbohidrat menjadi populer akhir-akhir ini. Diet jenis ini membatasi asupan karbohidrat hingga 20 – 150 gram per hari. Tujuan utama diet ini menggunakan lebih banyak lemak sebagai bahan bakar daripada karbohidrat. Untuk menerapkannya kamu hanya perlu mengurangi porsi bahan makanan yang tinggi karbohidrat. Namun tidak mengurangi jumlah protein dan lemak.

Diet rendah karbohidrat dipercaya efektif mengurangi nafsu makan. Sehingga kamu lebih bisa mengontrol jumlah kalori yang dikonsumsi. Diet jenis ini juga cocok bagi seorang yang mengalami obesitas. Diet rendah karbohidrat biasa juga disebut dengan diet keto/ketogenik.

Baca Juga: Diet Paleo Vs Diet Keto, Mana Pilihan yang Lebih Sehat?

Diet Dukan

Diet Dukan merupakan proses penurunan berat badan rendah karbohidrat dan tinggi protein. Umumnya diet jenis ini terbagi menjadi empat fase. Dua fase penurunan berat badan dan dua fase pemeliharaan. Setiap fase memiliki pola makan yang berbeda-beda.

Pada fase pertama diet dukan, kamu dianjurkan makan-makanan dengan protein tinggi tanpa batas. Dalam sebuah penelitian, wanita yang mengikuti diet Dukan akan mengonsumsi sekitar 1.000 kalori dan 100 gram protein per hari dan kehilangan rata-rata 15 kilogram dalam 8-10 minggu.(*)

Foto: Pexels

Artikel Terkait
Lifestyle
Diet Paleo Vs Diet Keto, Mana Pilihan yang Lebih Sehat?

Lifestyle
Kenapa Sih Ucapan ‘Diet Mulai Besok‘ Gak Bakal Terlaksana?

Lifestyle
Pengen Jaga Body? Hindari 5 Jenis Diet Ini Yaaaa