Entertainment

Kate Bishop dan Kamala Khan Bukti Kalau “Fangirl” Gak Selamanya Buruk

Jingga Irawan

Posted on June 24th 2022

Akhir Mei 2022, seluruh pengguna media sosial kompak mengejek soal fangirling dan fangirl. Mulai dari Twitter, Instagram, TikTok bahkan WhatsApp ramai-ramai menghujat habis seorang penggemar perempuan yang viral karena membela salah satu idol K-popnya.

“Sudah tua kok masih sibuk ngurusin dunia K-pop,” begitu lah rata-rata komentar warganet.

Fangirl merupakan istilah yang terkadang dipakai senjata untuk mengolok perempuan ketika mereka menunjukkan kegembiraan terhadap sesuatu yang mereka sukai. Memanggil seseorang sebagai "fangirl" masih bisa memiliki konotasi negatif.

Memang, ada beberapa orang menggunakan kata fangirl sebagai pujian. Tetapi beberapa orang lainnya menggunakan kata tersebut untuk merendahkan dan meremehkan minat kita. Pun dapat membuat orang merasa malu membicarakan hal-hal yang mereka sukai.

Nah, itu lah mengapa banyak fans idol atau karakter komik tertentu membuat akun anonim di media sosial dan berteman dengan sesama anggota fandom mereka. Yes! Agar mereka jauh dari komentar-komentar negatif publik soal aktivitas fangirl mereka.

Mungkin banyak fangirl fanatik sampai melanggar norma dan budaya. Tetapi, nggak semua fangirl itu buruk lho. Karakter Marvel seperti Kate Bishop (Hailee Steinfeld) dan Kamala Khan (Iman Vellani) di Marvel Cinematic Universe adalah gambaran kalau fangirl bisa berdampak positif.

Dalam Hawkeye dan Ms. Marvel, para karakter utama wanita muda ini adalah penggemar berat The Avengers, dan bermimpi bertemu pahlawan favorit mereka. Bahkan saat mereka menjadi pahlawan, Kate dan Kamala masih memakai status fangirl dengan senang hati!

Faktanya, energi kegembiraan tulus dari idola mereka lah yang memotivasi pelatihan dan membuat mereka nggak menyerah ketika menghadapi keadaan sulit. Dengan sepenuh hati merangkul hal-hal yang mereka sukai, Kate dan Kamala mengingatkan kita kalau menjadi fangirl bukanlah hal yang buruk.

Seperti banyak penggemar Marvel Cinematic Universe, Kate dan Kamala tumbuh dengan pengaruh Avengers.

Kate terinspirasi untuk mengambil latihan panahan dan seni bela diri setelah menonton Hawkeye (Jeremy Renner) melawan alien dengan busur dan anak panahnya dalam Battle of New York. Tapi ini bukan sekadar hobi sesaat bagi Kate. Dia telah memenangkan banyak penghargaan untuk keahliannya dan mampu bertahan dalam pertarungan nyata melawan para mafia.

Begitu pun Kamala. Dia menghabiskan waktunya membuat video penggemar tentang pahlawan favoritnya dan mimpi bertemu Kapten Marvel (Brie Larson) di AvengerCon. Saat dia belajar mengendalikan kekuatannya, Kamala menggunakan cosplay Captain Marvel sebagai penyamaran superhero-nya.

Karena keduanya tumbuh dengan pahlawan-pahlawan ini sebagai ikon budaya pop dan panutan, terkadang keinginan mereka yang berlebihan memang menempatkan mereka dalam situasi sulit, tetapi itu juga nggak membuat mereka mundur ketika keadaan menjadi sulit.

Sejak Kate bertemu Clint, Kate semangat banget untuk belajar darinya dan membuktikan kalau dia lebih dari sekadar penggemar. Namun, dia nggak mencoba menyembunyikan rasa fangirl-nya. Kate benar-benar meminta Clint menandatangani busur panah tepat setelah mereka bertemu.

Meskipun Kamala belum bertemu Carol, dia masih menemukan cara untuk mewujudkan keberanian dan kepercayaan dirinya. Di luar mengenakan cosplay Captain Marvel, Kamala merasa punya keberanian untuk membela dirinya sendiri di sekolah dan masjidnya serta meminta izin orang tuanya untuk pergi ke pesta.

Dia menunjukkan keberanian ketika dia terjun lebih dulu untuk mencoba membantu orang lain dengan kekuatannya, meskipun belum tahu cara mengendalikannya. Bahkan setelah dia nyaris nggak menangkap Zoe (Laurel Marsden) di AvengerCon, Kamala nggak ragu untuk mencoba menyelamatkan seorang anak kecil yang jatuh dari jendela di masjidnya.

Bukannya dia terlalu percaya diri atau sembrono dengan kekuatannya, dia hanya nggak bisa diam begitu aja membiarkan orang terluka. Kalau dia bisa melakukan sesuatu untuk menghentikannya, kenapa nggak dilakukan?

Kamala melakukan yang terbaik dengan berhati-hati sambil menguji batas dari apa yang dia, dan kekuatannya, bisa lakukan. Kamala sangat ingin membuktikan kalau seorang gadis muda Pakistan-Amerika bisa menjadi superhero yang selevel dengan Captain Marvel, dan kegembiraan inilah yang membuatnya ingin terus berlatih dan menguasai kekuatan baru.

Nah, buat kalian pembaca setia MainMain, nggak perlu malu untuk mengakui kalau kalian seorang fangirl. MainMain yakin, idola kamu semuanya baik dan bisa memberi energi positif! (*)

Foto: Marvel Studios

Related Articles
Entertainment
Hailee Steinfeld Perankan Kate Bishop dalam 'Hawkeye’, Ini Detil Karakternya!

Entertainment
Setelah ‘WandaVision’, Ini Serial TV yang Segera Dirilis Marvel pada 2021

Entertainment
3 Alasan Kenapa ‘Ms. Marvel’ Jadi Revolusi Besar untuk Marvel Cinematic Universe