Sport

Zion 1 Belum Dipakai Bertanding, Jordan Brand Sudah Rilis Zion 2

Tora Nodisa

Posted on June 24th 2022

Foto: Nike.com

Zion Williamson memang beruntung. Jordan Brand sudah mengeluarkan dua signature shoes, meski dirinya belum bermain sejak musim lalu. Ada dugaan kalau Jordan Brand terlalu gegabah dalam membuat kesepakatan dengan pemain Draft NBA urutan pertama tahun 2019 tersebut. Karena ternyata Zion bukan contoh yang baik untuk seorang pemain muda. 

Pada bulan Juli 2019, Zion Williamson menerima kontrak dari Jordan Brand senilai AS$75 juta dengan durasi lima tahun. Pemain New Orleans Pelicans tersebut hanya butuh dua tahun untuk bisa mendapatkan signature shoes dari Jordan Brand. Waktu yang sangat singkat bagi seorang pemain basket muda untuk mendapatkan kepercayaan dari merek sepatu. Jordan Zion 1 diluncurkan secara resmi pada 6 Mei 2021. 

Ternyata Jordan Brand dianggap melakukan kesepakatan yang sia-sia. Karena dia absen selama musim 2021-22. Pada off-season, Zion mengalami patah kaki dan menjalani operasi. Ketika mendapatkan cedera dan melakukan operasi tersebut, Zion tidak menginformasikan pada klub. Sebuah tindakan yang tidak patut dicontoh oleh pemain muda lainnya. Pada akhir September, ofisial tim berharap bahwa dia akan siap untuk kembali pada awal musim. Ternyata dia tidak bisa bermain hingga Desember 2021. 

Pada pertengahan Desember, diumumkan bahwa cederanya lambat sembuh dan kemungkinan besar dia akan absen empat hingga enam minggu lagi dengan kemungkinan kembali beraksi setelah jeda NBA All-Star 2021-22. Sementara pada bulan Maret 2022, akhirnya diumumkan bahwa Zion akan absen sepanjang musim 2021-22. Alasan inilah yang mengakibatkan Jordan Brand disinyalir mengalami kerugian besar. Karena promosi Jordan Zion 1 tidak bisa maksimal. Sebab Zion belum pernah memakainya bermain di kompetisi resmi. 

Tiba-tiba, pada akhir bulan Juni 2022, Jordan Brand mengumumkan bahwa mereka meluncurkan Jordan Zion 2. Dalam foto promonya, terlihat Zion memakai produk ini. Meski belum bisa dipastikan apakah dia bakal kembali tampil di NBA musim 2022-23. Tapi yang jelas, Jordan Brand sudah mengeluarkan signature shoes keduanya. 

Menurut produsen, Jordan Zion 2 dibuat untuk menyeimbangkan kekuatan dan kecepatan pemain. Dirancang untuk memberi kenyamanan di bawah tekanan ekstrim dari pemain seperti Zion. Desainnya sendiri bisa dikatakan retro. Jordan Brand mengakui hal tersebut, dengan pernyataan bahwa sepatu ini dibuat mengikuti desain sepat Nike di tahun 90-an. Desain ini memungkinkan untuk masuknya Zoom Air 20 persen lebih banyak di kaki depan. Sehingga mengurangi hentakan di tumit. 

Jordan Zion 2 akan keluar pada 30 Juni dengan dua jalur warna, yaitu "Voodoo" dan "Hope Diamond". Untuk harganya sekitar AS$140 atau setara dengan 2 juta rupiah. (*)

Related Articles
Sport
Kolaborasi Naruto X Jordan Bakal Dipakai Zion Williamson

Sport
Bikin 20 Poin Tiap Game Sepanjang 10 Laga, Zion Williamson Cetak Rekor NBA

Sport
Koleksi Lengkap Jordan Zion 1 X Naruto