Tech

5 Negara Ini Blokir Aplikasi WhatsApp, Begini Alasannya...

Soffya Ranti

Posted on June 23rd 2022

WhatsApp merupakan layanan pesan instan yang cukup banyak diunduh banyak pengguna. Diunduh hingga 2 miliar pengguna di seluruh dunia, pengguna aplikasi WhatsApp terus bertambah. Namun siapa sangka aplikasi ini dilarang di beberapa negara.

Terdapat lima negara yang memblokir penggunaan aplikasi ini. Negara tersebut antara lain Tiongkok, Korea Utara, Qatar, dan Kuba. Adapun beberapa alasan WhatsApp diblokir mulai dari faktor politik, keamanan nasional, hingga ingin mempromosikan industri telekomunikasi lokal mereka. Untuk selengkapnya berikut ini daftar negara yang memblokir WhatsApp dan alasannya.

Tiongkok

Pemerintah Tiongkok memblokir WhatsApp karena alasan politik. Salah satunya karena negara ini memiliki kebijakan sensor yang ketat. Tak hanya itu otoritas Tiongkok melarang aplikasi tersebut karena fitur  enkripsi ujung ke ujungnya. Hal tersebjut membuat pemerintah Tiongkok tidak dapat melihat pesan yang dikirimkan antarpengguna.

Pemblokiran ini juga menjadi upaya mereka memperketat pengawasan terhadap aplikasi yang bereda. Namun aplikasi seperti Skype atau FaceTime masih bisa digunakan di negara tersebut. Untuk mengakses aplikasi chatting masyarakat setempat menggunakan aplikasi lokal WeChat.

Baca Juga: Jangan Biarkan Bullying Tumbuh Subur, Lakukan Hal Ini Jika Kalian Jadi Korban

Qatar

Alasan utama negara ini memblokir adalah karena Undang-Undang Telekomunikasi negara. UUT Qatar melarang organisasi atau perusahaan asing menyediakan layanan telekomunikasi tanpa izin. Bagi Anda yang ingin terhubung dengan orang setempat, kamu bisa mencoba aplikasi layanan pesan lain seperti Google Duo.

Korea Utara

Menariknya alasan pemblokiran WhatsApp di Korea Utara adalah dari pihak WhatsApp sendiri. Tidak ada konfirmasi selengkapnya dari pemerintah Korea Utara terkait hal ini. Seperti yang kita tahu, Korea Utara merupakan negara yang cukup membatasi banyak akses. Hal tersebut yang membuat arus informasi masuk dan keluar dari Korea Utara terhambat. 

Baca Juga: View Once, Fitur Baru WhatsApp untuk Hilangkan Foto dan Video Setelah Dilihat

Iran

Hampir sama dengan Tiongkok. Iran memblokir layanan WhatsApp karena faktor pergolakan politik. Selain itu regulasi sensor di negara juga cukup rumit yang melibatkan berbagai pihak. Ini juga dipengaruhi berbagai pihak seperti partai politik, pemerintah, hingga ulama. 

Kuba

Kuba menjadi negara yang membatasi penggunaan platform obrolan. Di Kuba, hanya politisi, jurnalis, dan siswa terpilih yang memenuhi syarat secara hukum untuk mengakses internet dan platform sosial seperti WhatsApp.

Salah satu alasan mengejutkan pemblokiran WhatsApp bukanlah masalah politik, tetapi tingginya biaya penggunaan internet yang dikatakan melebihi gaji rata-rata penduduk Kuba. (*) 

Foto: Pexels

Related Articles
Tech
Gara-Gara WhatsApp “Berulah”, Signal dan Telegram Kebanjiran Pengguna Baru

Tech
Kebijakan Privasi Baru WhatsApp Mulai Berlaku, Bagaimana Kalau Tidak Setuju?

Tech
Hore! WhatsApp Keluarkan Stiker Animasi, Begini Cara Menggunakannya