Current Issues

Di AS, Hampir 1 dari 5 Orang Dewasa yang Terinfeksi Covid-19 Alami Long Covid

Dwiwa

Posted on June 23rd 2022

Data survei yang dikumpulkan dalam dua minggu pertama Juni menemukan hampir 1 dari 5 orang dewasa Amerika Serikat yang dilaporkan memiliki Covid-19 di masa lalu masih memiliki gejala long Covid. Hal ini diungkapkan oleh pejabat kesehatan Amerika Serikat pada Rabu.

Dilansir dari Reuters, secara keseluruhan, 1 dari 13 orang dewasa di Amerika Serikat memiliki gejala long Covid selama tiga bulan atau lebih setelah pertama kali terpapar penyakit. Gejala ini tidak mereka alami sebelum infeksi.

Data dikumpulkan dari 1-13 Juni oleh Biro Sensus Amerika Serikat dan dianalisis oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Gejala long Covid yang dirasakan seperti kelelahan, detak jantung cepat, sesak napas, kesulitan kognitif, nyeri kronis, kelainan sensorik, dan kelemahan otot. Gejala ini dapat melemahkan dan bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah pemulihan dari infeksi awal.

Analisis CDC juga menemukan bahwa orang dewasa yang lebih muda, lebih cenderung memiliki gejala yang persisten daripada orang dewasa yang lebih tua. Menurut penerlitian, perempuan juga lebih mungkin memiliki long Covid dibanding pria, dengan 9,4 persen wanita dewasa AS melaporkan gejala long Covid dibandingkan dengan 5,5 persen pria.

Survei menemukan hampir 9 persen orang dewasa Hispanik (warga Amerika yang berhubungan dengan Spanyol) memiliki long Covid, lebih tinggi daripada orang dewasa kulit putih dan kulit hitam non-Hispanik, dan lebih dari dua kali persentase orang dewasa Asia non-Hispanik.

Survei juga menemukan ada perbedaan berdasarkan negara bagian AS, dengan Kentucky dan Alabama melaporkan persentase tertinggi orang dewasa dengan gejala long Covid. Sementara Hawaii, Maryland, dan Virginia melaporkan yang terendah.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Current Issues
Studi: Long Covid Bisa Terjadi Pada Anak di Segala Usia, Termasuk Bayi

Current Issues
Apa itu “Medium Covid”? Apa Bedanya dengan Long Covid?

Current Issues
Post Covid Syndrome Hantui Pasien Covid-19