Current Issues

A&W Ubah Video TikTok Rootbeer Viral Jadi Konten Marketing, Warganet Kagum

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 23rd 2022

Belakangan ini timeline diramaikan dengan sebuah video TikTok viral tentang pelanggan yang mempertanyakan kenapa minumannya meleleh. Video tersebut ramai banget diperbincangkan karena warganet kesal dengan si pelanggan yang kesannya hanya mencari sensasi.

Dalam video yang kini sudah dihapus oleh pemilik akun itu, ada seorang bapak-bapak yang mempertanyakan kenapa minuman rootbeer float yang ia terima disajikan dengan cara "dibanting" dan kondisinya keluar dari gelas sampai meluber ke nampan. Bahasa gampangnya sih mleber.

Si pelayan lalu menjelaskan bahwa karena minuman tersebut berbahan dasar soda, otomatis float atau es krim di atas minuman itu mudah meleleh dan jadinya mleber.

Nah, yang bikin warganet kesal adalah keluarga bapak tersebut, yang mengunggah video viral itu, seakan tidak paham tentang minuman rootbeer float dan hanya ingin viral saja dengan sederet video klarifikasi. Akhirnya banyak warganet yang mengungkapkan kekesalannya terhadap video viral tadi dan justru membela karyawan A&W.

Baca juga: Kasus Barista Meremehkan Pelanggan Terjadi Lagi, Kafe Jadi Imbas Cancel Culture

Beberapa warganet menyebut bahwa memang seharusnya rootbeer A&W itu meluber karena itu yang jadi khas dari A&W. Karena lebih banyak yang ada di sisi A&W, restoran cepat saji ini mengambil kesempatan buat mengunggah konten promosi dari kasus rootbeer float ini deh~

Kasus ini sekali lagi membuktikan bahwa social contagion kekuatannya sangat besar dengan adanya media sosial. Social contagion adalah penyebaran tingkah laku, emosi, hingga ide di tengah kelompok. Yang awalnya jadi perilaku individual, berakhir jadi perilaku bersama. Karena banyak yang berpihak pada A&W, jadi banyak banget deh dukungannya.

Pada Rabu, 23 Juni lalu, A&W mengunggah sebuah potret rootbeer float yang mleber. “Lagi kangen A&W terus dapat minuman RB Luber-Luber begini? Uchh, rasanya…,” bunyi caption unggahan tersebut. Nah, unggahan tersebut juga berisi ajakan konsumen A&W buat mendokumentasikan rootbeer yang meluber dengan hashtag #rbluberluber.

Konten promosi tadi langsung dibanjiri apresiasi dari para warganet. A&W bisa riding the wave dengan tepat nih. Restoran tersebut nggak langsung memberikan pernyataan resmi terkait kasus tersebut, tapi melihat dulu reaksi warganet. Setelah bisa dilihat kalau ternyata warganet memihak A&W, muncul deh konten promosinya. Nah, kamu tim rootbeer luber apa enggak nih?

Related Articles
Current Issues
Charlie Puth Marah Lagunya Dipakai buat Video TikTok yang Dukung Cameron Herrin

Current Issues
Mulai dari Dokter hingga Artis Bikin Konten Cegah Coronavirus di TikTok

Current Issues
Rekaman Pria Bunuh Diri Viral di TikTok, Ini Cara Cegah Konten Sensitif Muncul