Entertainment

Ed Sheeran Menangkan Gugatan Hukum Lagu ‘Shape of You’, Tak Terbukti Plagiat

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 23rd 2022

Ed Sheeran baru-baru ini dikabarkan bahwa ia memenangkan gugatan pelanggaran hak cipta atas lagu Shape of You. Melalui proses hukum yang panjang, Ed terbukti tidak melakukan plagiat lagu Oh Why karya Sami Chokri.

Shape of You dirilis pada 2017 lalu dan berhasil jadi hits. Namun, pada 2018 sebuah gugatan hukum dilayangkan oleh Sami Chokri and Ross O’Donoghue. Mereka menyebut bahwa Ed meniru beberapa bagian dari lagu karya mereka yaitu Oh Why yang dirilis pada 2015. Sejak gugatan tersebut dilayangkan, royalti dari lagi Shape of You harus dibekukan.

Billboard baru-baru ini melaporkan bahwa Ed berhasil memenangkan gugatan tersebut pada April lalu. Ia tak terbukti melakukan plagiat dan pelanggaran hak cipta. Tak hanya itu, hakim Antoni Zacaroli juga memutuskan bahwa penyanyi asal Britania Raya itu harus menerima uang ganti rugi sebesar USD 1,1 juta (sekitar Rp16,3 miliar). Wow.

Baca juga: Ed Sheeran Kaget ‘Shape of You’ Capai 3 Miliar Streams, Dulu Nyaris Tak Dirilis

“Pada intinya kita perlu menemukan sisi yang menang dan kalah karena yang kalah harus membayar ke yang menang. Tidak ada perdebatan untuk ini, [Ed Sheeran] jelas menang dan membuktikan setiap poin penting dalam persidangan. […] Sudah sepantasnya pihak yang kalah mengganti biaya yang dikeluarkan oleh pihak yang menang,” ujar hakim tersebut seperti yang dilansir Complex.

Gugatan ini bukan gugatan pertama yang dihadapi Ed. Sebelumnya ia pernah menghadapi gugatan hukum atas lagu Photograph pada 2017 lalu. Karena sudah lelah menghadapi tuntutan hukum terkait hak cipta, April lalu Ed menyatakan bahwa kini setiap ia mendokumentasikan setiap proses perekaman lagu sebagai antisipasi kalau ada tuntutan hukum lain.

Di luar itu, Mei lalu Ed telah merilis dua lagu baru buat album Equals versi tur yaitu I Will Remember You dan Welcome To The World. Mei lalu ia juga menyambut kelahiran anak keduanya lho. Nah, mari kita nantikan update-update lain dari Ed Sheeran! (*) 

Related Articles
Entertainment
Ed Sheeran Bantah Dirinya Lakukan Plagiat di lagu ‘Shape of You’

Entertainment
Ed Sheeran Rekam Semua Proses Pembuatan Lagu setelah Hadapi Gugatan Hak Cipta

Entertainment
Justin Bieber Disebut Terang-Terangan 'Mencuri' Logo Grup Musik Justice