Tech

Amazon Bakal Rancang Alexa Agar Bisa Meniru Suara Orang Lain

Jingga Irawan

Posted on June 23rd 2022

Amazon.com Inc. ingin memberi pelanggan kesempatan untuk mengatur Alexa, asisten suara yang kini menjadi produk unggulan perusahaan, terdengar seperti nenek mereka. Mungkin suara pelanggan itu sendiri. Bahkan siapa pun.

Dilansir Reuters pada Rabu, 22 Juni 2022, perusahaan sedang mengembangkan sistem agar Alexa bisa meniru suara apa pun setelah mendengar audio kurang dari satu menit. Begitu yang diungkapkan Rohit Prasad, wakil presiden senior Amazon, dalam konferensi yang diadakan perusahaan di Las Vegas.

Menurut Prasad, tujuannya adalah untuk mengabadikan kenangan setelah begitu banyak dari kita kehilangan seseorang yang kita cintai selama Pandemi Covid-19 mengamuk.

Prasad mengatakan Alexa adalah "kecerdasan yang dapat digeneralisasikan," atau sistem berkemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan pengguna dan mempelajari konsep baru dengan sedikit masukan eksternal.

Sayangnya, teknologi saat ini telah meningkatkan kekhawatiran penyalahgunaan meskipun manfaatnya besar. Microsoft Corp misalnya, baru-baru ini membatasi area bisnis yang menggunakan perangkat lunaknya untuk parrot voices.

Tujuannya adalah untuk membantu orang-orang dengan gangguan bicara atau masalah lain, tetapi beberapa khawatir itu juga dapat digunakan untuk menyebarkan kebohongan politik.

Amazon berharap proyek ini akan membantu Alexa menjadi teman kehidupan pembeli. Namun, perhatian publik telah bergeser pada berita yang sedang viral di Google.

Seorang insinyur di Alphabet Inc., perusahaan induk Google, membuat klaim bahwa sistem AI obrolan perusahaan telah berkembang memiliki perasaan dan memiliki akal. Jelas, pernyataan itu ditentang oleh banyak ahli teknologi. Para ahli beranggapan bahwa sistem AI LAMDA milik Google, saking canggihnya, bisa mengikuti alur obrolan seperti yang kita maksudkan.

Pada Selasa, 21 Juni 2022, eksekutif Amazon lainnya mengatakan bahwa Alexa memiliki 100 juta pelanggan secara global, sejalan dengan angka prediksi perusahaan untuk penjualan perangkat sejak Januari 2019.

Amazon membagikan visinya untuk berteman dengan Alexa di konferensi tersebut. Dalam sebuah segmen video, digambarkan seorang anak yang bertanya, "Alexa, bisakah nenek menyelesaikan membacakan saya Wizard of Oz?"

Alexa menegaskan perintah dan mengubah suaranya. Dia berbicara dengan tenang, tak seperti robot, seolah-olah terdengar seperti nenek kalian dalam kehidupan nyata.(*)

Foto: Pixabay

Related Articles
Tech
Amazon Kembangkan Kulkas Pintar, Bisa Mendeteksi Kapan Makanan Kedaluwarsa

Tech
Karena Pandemi, FedEx Kini Manfaatkan Robot untuk Sortir Paket Antaran

Tech
Amazon Buka Toko Fashion Pertama Berteknologi Tinggi di AS