Tech

Spotify Siapkan Fitur Community, Bisa Lihat Judul Lagu yang Lagi Didengar Teman

Jingga Irawan

Posted on June 23rd 2022

Ada kalanya kita bosan dengan playlist kita yang itu-itu saja. Tetapi kita juga nggak ada waktu buat mengikuti tren lagu-lagu terbaru. Nah, sebentar lagi, kalian bisa melihat playlist terbaru teman yang mungkin juga cocok nih sama selera musik kalian.

Spotify saat ini sedang mengembangkan fitur baru bernama community. Fitur itu membuat pengguna seluler bisa melihat jenis musik apa yang di-streaming teman secara real time, serta playlist apa yang baru saja mereka perbarui di aplikasi.

Pada 22 Juni 2022, perusahaan menawarkan fitur yang mirip seperti friend activity di desktop. Tetapi membatasi akses pengguna ke friend activity yang sama di perangkat seluler.

Spotify mengonfirmasi bahwa fitur tersebut sedang dalam tahap pengujian awal dan menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut.

Spotify dalam beberapa tahun terakhir lebih fokus pada minat pengguna untuk memberikan keunggulan dibandingkan pesaing streaming lainnya.

Daftar putar yang disesuaikan untuk masing-masing pendengar — seperti discover weekly misalnya — telah membantu perusahaan menarik dan mempertahankan pengguna. Jadi, perusahaan tak menciptakan lebih banyak fitur yang berhubungan dengan jaringan teman.

Meskipun beberapa orang masih menginginkan akses ke friend activity di versi seluler, perusahaan pada  2019 membatalkan rencana untuk menambahkan fitur itu setelah permintaan pengguna di forum komunitasnya menerima sekitar 7.451 suara. Sekarang, tampaknya Spotify mengubah arah.

Saat ini fitur community tak ditampilkan secara publik di aplikasi. Tetapi pengguna seluler dapat mengakses fitur baru ini dengan mengetikkan “spotify:community” di browser Safari pada perangkat iOS. Penambahan ini pertama kali ditemukan oleh Chris Messina, yang membagikan video percobaan fitur tersebut di Twitter.

Di bagian community yang muncul di aplikasi, kalian akan melihat baris horizontal playlist updates di bagian atas halaman, lalu daftar teman yang dapat digulir secara vertikal, apa yang mereka dengarkan, dan detail waktu kapan itu didengarkan.

Bagi mereka yang mendengarkan secara aktif, bilah equalizer musik animasi muncul di sebelah nama dan pilihan musik mereka. Kalau nggak, layar akan menunjukkan kepada kalian kapan teman kalian mendengarkan Spotify dan apa yang telah mereka streaming.

Meskipun Spotify belum memprioritaskan fitur Aktivitas Temannya, Spotify tetap memiliki hubungan dekat dengan Meta (Facebook). Grafik sosial pengguna Spotify saat ini masih mengandalkan integrasi Facebook meskipun faktanya generasi muda sekarang lebih sering menemukan musik baru melalui TikTok dan banyak pengguna Gen Z bahkan tak memiliki akun Facebook sama sekali. (*)

Foto: Pixabay

Related Articles
Tech
Gantian Jadi DJ dengan Group Session, Fitur Baru Spotify

Tech
Spotify Uji Coba Fitur untuk Promosikan Playlist Populer dari Pengguna

Tech
Spotify Hapus Fitur Putar Acak dari Album Gara-Gara Permintaan Adele?