Lifestyle

4 Cara Memberi Dukungan pada Teman yang Jadi Korban Ghosting

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 22nd 2022

Ghosting jadi fenomena yang sering banget terjadi dalam hubungan. Nah, buat kalian yang punya teman yang jadi korban ghosting, ada beberapa cara untuk memberi dukungan pada mereka. Simak beberapa caranya seperti yang dilansir Psychology Today.

Validasi perasaan mereka

Merasakan di-ghosting itu tentu nggak enak. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah membuat korban merasa bahwa perasaan mereka itu wajar buat dirasakan.

Kamu bisa bilang:

“Aku ikut sedih ya.” (Jangan bilang, “Sudah, tinggal move on aja kok susah.”)

“Itu pasti menyakitkan banget.” (Jangan bilang, “Gak usah terlalu baper makanya.”)

“Mungkin kamu perlu waktu buat melewatinya.” (Jangan bilang, “Nggak usah sedih lama-lama sedih deh.”)

“Itu benar-benar nggak adil buat kamu.” (Jangan bilang. “Ya itu sering terjadi kok, wajar aja.”)

Baca juga: Ghosting Itu Apa sih? Ini Penyebab dan Dampaknya Buat Seseorang

Benar-benar mendengar

Seseorang yang lagi emosional tentu ingin didengarkan, bukan dipotong saat bercerita. Penting juga buat gak terburu-buru menyimpulkan, tapi meluangkan waktu buat mendengarkan cerita secara utuh. Jangan mentang-mentang punya pengalaman yang mirip terus langsung memutus cerita dan menyimpulkan ya. Tanyakan juga dengan cara apa mereka akan menghadapi momen sulit tersebut, jangan beri nasihat sampai diminta.

Baca juga: Caspering, Gak Terlalu Menyakitkan Dibanding Ghosting dalam Hubungan

Beri apresiasi

Sadari nilai-nilai dan karakter yang dimiliki temanmu. Dari sana kamu bisa memberi apresiasi akan usaha mereka buat menjalin hubungan.

Kamu bisa bilang:

“Kamu punya standar yang oke.” (Jangan bilang, “Makanya kamu sama si A aja, kenapa harus cari yang lain?”)

“Kamu sudah berusaha.” (Jangan bilang, “Makanya gak usah terlalu berharap.”)

Baca juga: 3 Tanda Semi-Ghosting, Gak Sepenuhnya Menghilang, Tapi Bikin Bimbang

Beri dukungan personal

Entah itu mengirimkan makanan favorit, ajak nonton bareng, hangout, dan lain-lain, semua ini bisa kalian lakukan buat memberikan dukungan untuk temanmu. Ajak juga buat melakukan kegiatan bersama. Ini penting buat meyakinkan bahwa mereka masih punya support system yang gak akan menolak mereka.

Nah, itu dia beberapa cara buat mendukung teman yang jadi korban ghosting. Semoga membantu! (*)

 

Gambar: pch.vector/Freepik

Artikel Terkait
Entertainment
3 Tanda Semi-Ghosting, Gak Sepenuhnya Menghilang, Tapi Bikin Bimbang

Entertainment
5 Cara Simpel Mendukung Orang Dekat yang Punya Trauma

Lifestyle
3 Tips Membicarakan Kebutuhan Kita agar Didengar oleh Pasangan Tanpa Berdebat