Current Issues

Ada Aturan Baru Nonton Event, Ini Syarat Terbaru Biar Kalian Boleh Masuk

Dwiwa

Posted on June 22nd 2022

Lonjakan kasus Covid-19 dalam seminggu terakhir membuat pemerintah kembali melakukan penyesuaian aturan kegiatan bagi masyarakat. Salah satunya adalah tentang pengadaan kegiatan berskala besar. Ini merupakan bagian dari upaya untuk mencegah terjadinya peningkatan penularan Covid-19.

Dilansir dari laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, aturan baru ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 20 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan pada Pelaksanaan Kegiatan Berskala Besar dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Menurut SE tersebut, kegiatan berskala besar adalah rangkaian aktivitas dalam acara berskala internasional ataupun nasional yang dapat mengundang secara fisik lebih dari 1.000 orang dalam satu waktu tertentu serta pada satu lokasi yang sama dan/atau melibatkan perwakilan negara.

“Kebijakan ini dikeluarkan atas kesepakatan lintas kementerian dan lembaga. Sebagai salah satu upaya antisipasi yang diambil yaitu melakukan penyesuaian pengaturan kegiatan berskala besar di masa pandemi Covid-19,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adi Sasmito dalam konferensi pers pada Selasa, 21 Juni 2022.

Lalu apa saja aturan baru dalam SE ini?

Salah satu yang diatur dalam SE Covid-19 No.20 Tahun 2022 ini adalah penyesuaian kriteria umur dan riwayat penyakit yang berhubungan dengan akses vaksinasi. Jadi, hanya mereka yang memenuhi syarat saja yang boleh datang menonton.

Dalam hal ini, anak usia 6-17 tahun diperbolehkan masuk dengan catatan sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dua dosis. Sementara untuk usia 18 tahun ke atas diperbolehkan masuk asalkan sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster).

Dalam SE terbaru ini juga disebutkan jika khusus anak usia di bawah enam tahun dan penderita komorbid yang tidak dapat menerima vaksin, diimbau tidak mengikuti kegiatan berskala besar demi keselamatan dan kesehatan masing-masing individu.

Selain itu, dalam kegiatan berskala besar juga wajib dilakukan skrining spesifik sesuai dengan keterlibatan jenis partisipan. Di antaranya adalah peserta harus memiliki hasil negatif PCR 2 x 24 jam sebelum kegiatan jika melibatkan pejabat setingkat menteri ke atas (VVIP) serta dilakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk ke lokasi.

Kemudian untuk forum multilateral dan tidak melibatkan VVIP wajib melakukan prosedur pemeriksaan gejala berkaitan dengan Covid-19. Satgas juga mengimbau mensyaratkan pemeriksaan antigen bagi seluruh partisipan untuk meminimalisir potensi penularan.

Sedangkan kegiatan yang tidak bersifat forum multilateral dan tidak melibatkan VVIP wajib melakukan prosedur pemeriksaan gejala berkaitan dengan Covid-19 dan dilakukan tes antigen bagi pelaku suspek Covid-19.

“Sebagai tambahan, seseorang yang tidak lolos skrining wajib dites Covid-19 lanjutan di tempat,” kata Wiku.

Jadi nih, buat kamu yang berencana untuk nonton berbagai acara besar dalam waktu dekat, termasuk berbagai event basket DBL, segera dapatkan vaksinasi lengkap ya.(*)

Foto: DBL

Artikel Terkait
Current Issues
Kasus Covid-19 Meningkat, Masyarakat Diminta Siaga dan Tetap Disiplin Prokes

Current Issues
Peneliti: Vaksin Covid-19 Sinovac Sejauh Ini Aman dan Picu Antibodi Anak-Remaja

Current Issues
Studi: Vaksin Pfizer-BioNTech Kurang Efektif untuk Usia 5-11 Tahun