Tech

Twitter Uji Coba Twitter Notes, Pengguna Bisa Bikin Konten Panjang Mirip Blog

Jingga Irawan

Posted on June 22nd 2022

Setelah menggandakan jumlah karakter dari 140 menjadi 280, Twitter sedang menyiapkan fitur baru yang akan mendukung konten tulisan bentuk panjang di platform-nya.

Dengan Twitter Notes, pengguna dapat membuat artikel menggunakan banyak format dan media yang diunggah. Artikel ini kemudian dapat di-tweet dan dibagikan dengan pengikut setelah dipublikasikan. Fitur ini sedang diuji dengan pengguna tertentu sebelum peluncuran publik.

Jika sudah diluncurkan secara luas, Twitter Notes bisa bermanfaat bagi beberapa orang yang menggunakan platform media sosial untuk berbagi pemikiran lebih mendalam. Ini juga bisa mendorong orang beralih dari “utas” (thread) yang lebih membingungkan dan sulit dibaca jika terlalu panjang.

Twitter secara resmi menerbitkan utas pada tahun 2017. Itu ditandai dengan peluncuran layar pembuat Twitter baru yang bisa membuat banyak posting-an — atau lebih dikenal dengan sebutan tweetstorms. Pada saat itu, ada ratusan ribu utas yang di-posting setiap hari. Jumlah itu kemungkinan telah meningkat saat ini.

Twitter Notes ingin mengatasi masalah dari utas dengan memberi pengguna fitur untuk menulis artikel panjang langsung di Twitter itu sendiri. Seperti tweet, Notes akan memiliki tautannya sendiri dan dapat di-tweet, di-retweet, dikirim dalam DM, disukai, dan di-bookmark.

Fitur tersebut telah terlihat dalam pengujian awal oleh peneliti aplikasi, termasuk Jane Manchun Wong dan lainnya. Awalnya, Notes disebut Twitter Article.

Dalam gambar yang diposting Wong pada bulan Mei, fitur tersebut memiliki alat pemformatan di bagian atas layar. Di antaranya opsi untuk menebalkan teks, miring atau coret, menyisipkan daftar yang dipesan, menambahkan tautan, ubah gaya, masukkan media dan item yang disematkan, lacak jumlah kata, dan lainnya.

Pengguna juga dapat menambahkan satu GIF, satu video, empat foto, serta menyertakan tweet yang disematkan baik melalui URL bahkan bookmark mereka sendiri.

Wong mencatat ada juga Focus Mode yang akan memperluas artikel ke tampilan layar penuh dan menyembunyikan bilah sisi Twitter. Dia mengatakan fitur itu tampak cukup halus, yang menunjukkan kalau fitur tersebut sudah mendekati peluncuran.

Firma produk seluler Watchful.ai juga mengonfirmasi pengembangan Twitter Notes, yang ternyata siap diluncurkan dalam versi terbaru aplikasi Twitter. Perusahaan juga mengonfirmasi bahwa fitur itu terletak di sebelah Tweet & Reply.

Pengenalan Twitter Notes dapat menimbulkan beberapa persaingan dengan platform blogging jangka panjang, seperti WordPress atau Medium— yang terakhir secara kebetulan dikembangkan oleh salah satu pendiri Twitter, Evan Williams.(*)

Artikel Terkait
Tech
Twitter Garap Fitur Baru, Bisa Hapus Tag Username Akunmu dari Thread Orang Lain

Tech
Twitter Lempar Wacana Aneka Pengaturan Privasi, Termasuk Fitur Sembunyikan Akun

Tech
Twitter "Wajibkan" Penggunanya Membaca Dulu Artikel yang Hendak Di-Retweet