Tech

Elon Musk Bantah Dirinya Sudah Menyuruh Orang Berinvestasi Crypto

Jingga Irawan

Posted on June 22nd 2022

Pada Selasa, 21 Juni 2022, CEO Tesla dan penggemar Dogecoin, Elon Musk, mengaku dirinya “tak pernah mengatakan kalau orang harus berinvestasi dalam [mata uang] crypto.” Pernyataan itu muncul setelah investor merasakan runtuhnya pasar koin digital.

Meskipun membeli dan menggembar-gemborkan Dogecoin, Musk mengatakan kepada Qatar Economic Forum, ia membuat perbedaan antara secara terbuka mendukung koin digital dan mendesak orang lain untuk berinvestasi.

“Dalam kasus Tesla, SpaceX, aku sendiri, kami semua memang membeli beberapa Bitcoin, tetapi itu adalah persentase kecil dari total aset tunai kami,” kata Musk. Pebisnis berusia 50 tahun itu menambahkan kalau dia juga membeli Dogecoin

Musk berulang kali menggembar-gemborkan investasi dalam cryptocurrency dalam beberapa tahun terakhir. Pada bulan Maret, dia menyatakan tak akan menjual kepemilikannya Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin meskipun inflasi meningkat dan ketidakpastian ekonomi.

Orang terkaya di dunia itu juga menggandakan dukungannya untuk Dogecoin, mengirimkan meme cryptocurrency melonjak lebih dari 12 persen pada Selasa, 21 Juni 2022.

“Saya hanya tahu banyak orang yang tak begitu kaya, kalian tahu, telah mendorong saya untuk membeli dan mendukung Dogecoin,” kata Musk kepada Bloomberg News.

"Saya menanggapi orang-orang itu."

Baca Juga: Dua Kota di Tiongkok Larang Mobil Tesla Melintas Saat Kunjungan Pejabat

Pada Selasa, nilai satu unit Dogecoin diperdagangkan pada USD0,067, naik 12,77 persen. Namun, masih turun lebih dari 90 persen sejak mencapai level tertinggi sepanjang masa di USD 0,74 pada Mei 2021.

Ini adalah kedua kalinya dalam tiga hari Musk menegaskan kembali dukungannya untuk Dogecoin, yang awalnya dibuat pada tahun 2013 sebagai lelucon.

"Saya akan terus mendukung Dogecoin," tweet Musk.

Ketika seorang pengguna Twitter menjawab dengan mengatakan Musk harus "terus membelinya" untuk menunjukkan dukungannya, miliarder itu menjawab, "Saya akan melakukannya."

Musk telah muncul sebagai pendukung utama Bitcoin, Dogecoin, dan Crypto lainnya dalam beberapa bulan terakhir meskipun kecenderungan perdagangan mereka tak stabil. Dogecoin secara teratur melonjak nilainya ketika Musk berbicara secara terbuka tentang minatnya.

Pasar cryptocurrency telah merosot dalam beberapa minggu terakhir. Bitcoin diperdagangkan di USD 21.600, turun lebih dari 60 persen sejak mencapai tertinggi USD 70.000 pada bulan November.

Runtuhnya pasar crypto telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah pendukung koin digital tak bertanggung jawab dalam mempromosikannya kepada investor.(*)

Related Articles
Tech
Beli Merchandise Tesla Sekarang Bisa Pakai Dogecoin

Tech
Bos Twitter Jack Dorsey Mengaku sedang Mencoba Menambang Bitcoin

Current Issues
Tesla Mau Terima Bitcoin, Asal Penambang Kripto Gunakan Energi Ramah Lingkungan