Lifestyle

Empat Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Rumah di Usia Muda

Nadia Fitriany

Posted on June 21st 2022

Bisa beli rumah di usia muda merupakan impian sebagian besar orang. Pemenuhan salah satu kebutuhan primer ini makin meningkat seiring berjalannya waktu. Kebutuhan tipe rumah tiap generasi juga berbeda.

Dilansir dari Antara, menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahaan, angka kebutuhan rumah di Indonesia akan terus meningkat, diperkirakan akan mencapai 30 juta unit hingga tahun 2025.

Namun, dari sekian banyak proses pembelian rumah, hanya 18 persen calon pembeli yang memiliki pengetahuan yang cukup sebelum memutuskan memilih dan membeli rumah. Akibatnya, banyak penyesalan usai tindakan pembelian ini dan kebanyakan ialah pembeli di usia muda.

Berikut empat hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah di usia muda.

Lakukan Riset yang Cukup

Riset dalam membeli rumah baru perlu dilakukan. Hal-hal penting yang menjadi pertimbangan ialah akses jalan, apakah tempat tinggal ini dekat dengan pusat perbelanjaan atau rumah sakit. Lalu, lingkungan sekitar, kondisi tetangga, riwayat rumah, jika rumah ini pernah dihuni apakah terdapat konflik yang belum diselesaikan. Kebanyakan anak muda hanya tergiur dengan kondisi rumah dan harga yang ditawarkan sehingga terkesan buru-buru dalam membeli.

Pembelian Berdasarkan Kebutuhan

Keputusan untuk membeli rumah tidak didasari untuk coba-coba maupun hanya gengsi saja. Pengeluaran biaya membengkak tanpa ada pandangan yang jelas untuk diapakan rumah tersebut dapat berdampak buruk. Beberapa rumah kosong terlihat tidak terawat mungkin disebabkan oleh faktor ini.

Baca Juga : Beyonce Rilis Lagu Baru 'Break My Soul', Vibes Disko yang Asyik Banget

Cek Tabungan dan Investasi

Jangan biarkan kamu terlanjur membeli rumah namun berakhir dengan saldo rekening kosong sekaligus tanpa investasi. Kebutuhan rumah akan terus bertambah, seperti membenarkan listrik, atap, tembok dan lain-lain. Tentunya tabungan dan investasi harus terkumpul terlebih dahulu sebelum mempunyai rumah sendiri.

Siapkan Dana Tambahan

Harga rumah biasanya belum termasuk pajak hingga urusan ke notaris. Biaya untuk melegalkan rumah agar menjadi milik kalian tentu tidak sedikit. Jadi, perlu sisihkan uang untuk mengantisipasi hal tersebut dengan cara menentukan harga yang tidak terlalu mepet dengan uang yang kalian siapkan.

Demikian tips sebelum beli rumah di usia muda. Semoga membantu! (*)

Foto : freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Cara Ubah Kebiasaan Bungkuk di Usia Muda

Lifestyle
Berusia 20-an? Hal Ini Wajib Kalian Lakukan Agar Tetap Fit Saat Tua

Current Issues
Kenapa Anak Muda juga Sangat Berisiko Covid-19?