Lifestyle

5 Alasan Berteman sebelum Pacaran Bakal Menguatkan Hubungan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 21st 2022

Hayo, siapa nih yang doinya berawal dari pertemanan atau persahabatan? Kasus friends to lovers memang sering terjadi ya. Nah, hubungan jenis ini sebenarnya ada kelebihannya lho dibanding dari awal langsung dekat secara romantis. Simak beberapa alasannya seperti yang dilansir Psychology Today.

Bisa mengenal lebih dalam

Kalau jadi teman dulu, kita bisa lebih tahu detail tentang seseorang karena peluang malu-malu kucing terhitung sedikit. Kalau langsung PDKT kan biasanya agak jaga image, kalau teman tentunya lebih apa adanya. Dalam pertemanan juga gak ada ekspektasi yang khusus, jadi kita bsia melihat sosok sebenarnya dari seseorang.

Pertemanan itu fleksibel

Kalau berteman, hangout tiap hari juga gak masalah. Makan di mana pun juga oke karena konsepnya bukan nge-date. Nggak ada kecemburuan lebih banyak quality time. Dari waktu yang dihabiskan bersama ini kita bisa benar-benar tahu apakah doi memang cocok dengan kita atau enggak. Kalau enggak cocok sebagai pasangan, ya cukup jadi teman aja~

Baca juga: 5 Ciri Kalau Hubunganmu Sudah Masuk Couple Goals dan Patut Dipertahankan

Membangun kepercayaan

Keterbukaan dalam pertemanan akan membangun kepercayaan. Nah, kalau kepercayaan ini sudah dibangun sejak berteman, kita akan merasa lebih aman saat menjalani hubungan yang lebih khusus. Kita jadi lebih terbuka dengan perasaan dan pikiran kita.

Bisa eksplorasi lebih banyak hal

Dalam pertemanan kita bisa lebih bebas mencoba beragam hal, nggak hanya hal yang eksklusif buat date. Kita juga bebas mau pergi berdua atau ramai-ramai, nggak akan ada masalah.

Baca juga: Hubungan Pacaran Kalian Sehat atau Nggak? Cek dengan 5 Kebiasaan Ini!

Mengetahui nilai yang dipegang

Dalam pertemanan, kita bisa lebih leluasa bercerita tentang apa pun. Dari pertemanan ini kita bisa tahu nilai-nilai yang dipegang seseorang, seberapa penting nilai itu buat mereka, dan apa yang ingin mereka capai di masa depan. Ini penting banget buat diketahui karena nggak ada yang mau hubungan gagal karena perbedaan nilai.

Nah, kalau di pertemanan kita bisa gak setuju dengan nilai yang dipegang seseorang, tapi nggak keberatan juga. Kalau sudah di hubungan serius kan gak bisa tuh, jadinya malah rumit. Kalau melihat ada kesamaan nilai dengan teman terus mau mencoba hubungan yang lebih serius, bisa deh.

Eits. Tapi hubungan yang berawal dari pertemanan bukan tanpa risiko ya. Worst case hubungannya nggak berjalan baik, tentu akan agak sulit buat kembali menjalin hubungan hanya sebagai teman. Dipertimbangkan dulu deh~

 

Gambar: pikisuperstar/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Tanda Hubungan yang Makin Memburuk dan Akan Usai, Harus Segera Evaluasi

Lifestyle
5 Prinsip yang Harus Kamu Pegang saat Berpacaran biar Langgeng

Lifestyle
4 Tanda Hubungan yang Gak Akan Langgeng, Sering Gak Disadari dan Dianggap Wajar