Lifestyle

5 Kalimat buat Membuka Percakapan dengan Orang Asing biar Gak Garing

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 21st 2022

Bertemu dengan orang yang belum pernah dikenal memang seru, tapi kadang nggak mudah buat membuka percakapan. Nah, simak beberapa kalimat pembuka percakapan simpel berikut buat mengawali pertemanan, seperti yang dilansir Psychology Today.

(Apa pun) yang kamu pakai keren!

Kamu bisa memperhatikan apa yang dipakai seseorang, tapi pastikan pandanganmu nggak terkesan menyelidiki ya. Kalau kamu menemukan benda yang menarik, puji aja. Misal kaos kakinya lucu, kalungnya unik, pin di tasnya adalah anime favoritmu, dan sebagainya. Terus tanya deh beli di mana, siapa tahu dari sana bisa menemukan obrolan yang nyambung.

Kamu beli di mana (barang itu)?

Kalau seseorang pakai sesuatu yang mencolok, biasanya mereka ingin menampilkan diri. Nah, tanya aja di mana mereka mendapatkan benda tersebut. Mungkin mereka bisa menyebut toko tempat mereka beli, kisah di balik sepatu tersebut, atau detail lainnya. Kamu bisa tanggapi dengan cerita misal punya sepatu yang mirip dan sebagainya.

Rumahmu jauh nggak?

Pertanyaan basic ya, tapi pas buat membuka percakapan. Cukup tanya tinggal di daerah mana ya, gak perlu tanya alamat lengkap, kayak mau kirim makanan aja. Tanya juga mereka naik kendaraan apa buat sampai di tempat ini, tadi macet apa enggak, sampai durasi perjalanan berapa lama. Kalau lokasinya familier denganmu, tanggapi bahwa kamu pernah lewat sana. Kalau kurang familier, ceritakan kamu tinggal di mana.

Baca juga: Takut Menyinggung Lawan Bicara? Coba Trik Ini untuk Mulai Obrolan yang Sulit

Apa yang harus aku pesan/lakukan di sini?

Kalau kamu bertemu di sebuah lokasi untuk refreshing, kamu bisa tanya deh menu favorit, menu rahasia, destinasi hidden gem, dan lain-lain untuk membuat percakapan mengalir. Kamu juga bisa tanya tujuan orang tersebut datang ke tempat ini biar tahu kegiatan yang biasa dilakukan di tempat tersebut.

Password WiFi-nya apa ya?

Terdengar agak ngenes, tapi siapa sih yang gak perlu internet di masa sekarang. Setelah menanyakan hal tersebut, kamu bisa menanyakan pertanyaan-pertanyaan di atas deh.

Nah, itu dia beberapa kalimat pembuka percakapan. Semoga membantu! (*)

Artikel Terkait
Lifestyle
3 Cara Agar Bisa Deep Talk dengan Lawan Bicara, Biar Obrolan Berbobot

Lifestyle
10 Langkah Simpel untuk Jadi Pendengar Cerita yang Baik

Lifestyle
4 Langkah Memperkuat Pertemanan, Biar Gak Sekadar Nyapa atau Tanya Kabar Doang