Tech

Kacamata AR Apple Dirilis pada 2024

Jingga Irawan

Posted on June 21st 2022

Ada sedikit bocoran soal kacamata augmented reality (AR) Apple. Kabarnya produk anyar perusahaan itu akan mulai dijual pada akhir 2023. Tetapi, sebuah laporan baru sekarang mengklaim kalau kacamata itu baru akan dirilis pada 2024.

AR Glasses Apple kabarnya juga menjadi yang kedua dari dua produk AR/VR perusahaan. Yang pertama diperkirakan akan diluncurkan akhir tahun ini atau awal 2023. Produknya disebut-sebut berupa headset virtual reality yang sudah lama digarap perusahaan.

Menurut catatan penelitian oleh analis Haitong International Tech Research, Jeff Pu, AR Glasses Apple yang akan dirilis telah memasuki tahap pengembangan desain dan berada di jalur rilis komersial pada 2024.

Menurut 9to5Mac, yang mengatakan memiliki akses ke penelitian Pu, prototipe untuk perangkat yang akan datang baru siap akhir tahun ini sebelum memasuki produksi massal di 2024.

Dua perusahaan kaca dan optik khusus, Corning dan Hoya, dikatakan telah mengambil sampel kaca sebagai bagian dari proses pengembangan. Tetapi belum ada informasi pasti soal bagaimana salah satu dari mereka berkontribusi pada pengembangan perangkat.

Meskipun AR Glasses Apple menarik sebagian besar perhatian media, raksasa teknologi Amerika lainnya, seperti Meta dan Amazon, dikabarkan juga sedang mengerjakan perangkat serupa.

Dinamakan Project Nazare, kacamata pintar Meta mungkin debut pada tahun 2024, sementara versi kacamata yang terhubung ke smartphone, dengan nama kode Hypernova, mungkin juga masuk ke pasar dengan harga lebih rendah.

Selain itu, Amazon juga diyakini sedang mengerjakan proyek serupa dan baru-baru ini mencari ahli untuk mengembangkan produk 'XR' (extended reality) bagi perusahaan.

Bisakah AR Glasses Apple Menggantikan IPhone?

Meskipun laporan terbaru menunjukkan kalau Apple segera meluncurkan AR Glasses tahun depan, banyak faktor akan memainkan peran besar dalam memutuskan kapan perangkat tersebut pada akhirnya akan memasuki pasar.

Tanggal peluncuran masih bisa ditunda jika Apple menghadapi terlalu banyak masalah dalam satu setengah tahun ke depan.

Sementara itu, terlepas dari kurangnya rumor soal AR Glasses Apple, analis TF International Securities dan keterangan analis Apple Ming-Chi Kuo memprediksi kacamata itu bisa menggantikan iPhone dalam 10 tahun ke depan.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Mark Zuckerberg Sebut Meta dan Apple Bersaing Ketat Soal Metaverse

Tech
Apple Tak Peduli Metaverse, Lebih Penting Headset Mixed Reality

Tech
Apple Dirumorkan Luncurkan Headset AR/VR