Esports

Moonton Umumkan M4 akan Digelar Awal Tahun 2023

Dika Afandi N

Posted on June 20th 2022

Moonton, akhirnya mengumumkan kapan gelaran prestius Mobile Legends World Championship (M4) akan dihelat. Kejuaraan dunia game Mobile Legends itu, akan bergulir pada 1-15 Januari 2023.

Kabar itu resmi disampaikan oleh MPL Indonesia melalui halaman resminya di Instagram pada Minggu, 19 Januari 2022. “M4 akan segera hadir! 1-15 Jan 2023. Kamu siap untuk menggenggam dunia?” tulis MPL Indonesia di unggahannya.

Di video teaser itu, nampak ada cuplikan flashback mulai dari M1 hingga M3. Menunjukkan kemeriahan gelaran resmi dari game Mobile Legends itu yang syarat gengsi.

Biasanya, Mobile Legends World Championship selalu diadakan di penghujung tahun. Namun, berbeda untuk M4. Karena dihelat di awal tahun. Belum pasti, mengapa Mobile Legends World Championship (M4) ini mundur. Pastinya, Moonton sudah mempersiapkan gelaran ini sebaik mungkin.

Selain itu, Moonton juga belum membeberkan, di mana M4 ini digelar. Banyak rumor yang beredar, bahwa Asia Tenggara tetap menjadi tuan rumah M4. Sebab, M1 sendiri digelar di Malaysia. Sedangkan untuk M2 dan M3, dihelat di Singapura. Ada dua negara yang belum jadi tuan rumah, yakni Indonesia dan Filipina. Kedua negara ini memiliki komunitas gamers cukup besar. Terlebih lagi untuk game Mobile Legends.

Tentu harapannya adalah Indonesia menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya. Selain antusiasme fans yang teramat besar, berarti akan ada tiga perwakilan Indonesia untuk M4 nanti jika menjadi tuan rumah.

Selama 3 series Mobile Legends World Championship, negara di Asia Tenggara masih menjadi yang terkuat. Terutama untuk Filipina dan Indonesia. Untuk M1, Evos Legends berhasil keluar sebagai juara. Lalu untuk M2 dan M3, tim Filipina yang berhak membawa pulang trofi. Mereka adalah Bren Esports dan Blacklist International.

Dalam dua tahun terakhir, Filipina berhasil mendominasi scene internasional Mobile Legends. Terakhir tim Filipina juara adalah di gelaran Mobile Legends Southeast Asia Championship (MSC) 2022. RSG PH, keluar sebagai champion setelah mengalahkan RRQ Hoshi, di grand final dengan skor telak 4-0. (*)

Foto: Moonton

Artikel Terkait
Esports
3 Tim Filipina Kuasai Tiga Besar World Ranking Mobile Legends, Indonesia?

Esports
Mobile Legends World Championship (M3) Digelar Desember 2021

Esports
M3: Tumbangkan Team SMG, Onic Esports Hadapi Blacklist International