Lifestyle

4 Tanda Hubungan yang Gak Akan Langgeng, Sering Gak Disadari dan Dianggap Wajar

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 20th 2022

Buat kalian yang lagi in relationship, pasti pernah mengalami tantangan dalam mempertahankan hubungan. Namun, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa hubungan kalian berpotensi nggak akan langgeng. Simak tanda-tandanya seperti yang dilansir Psychology Today.

Mulai banyak pikiran negatif tentang doi

Kalau kamu mulai memikirkan banyak hal negatif tentang si doi, coba refleksikan lagi hubunganmu saat ini. Entah kamu berpikir bahwa dia nggak pengertian, kurang effort, kurang ini itu, dan lainnya.

Nah, pikiran-pikiran ini bisa bikin kita mengucapkan hal buruk saat bicara dengan doi. Misal lupa sama pesanan makananmu, terus kamu tiba-tiba membahas kesalahan serupa yang dilakukan di masa lalu. Jadi pertengkaran baru deh. Ini karena kita nggak mengomunikasikan pikiran negatif tersebut dan mencari solusi, tapi menyimpannya sendiri.

Baca juga: 17 Kalimat Andalan Pasangan Toxic Ini Bisa Menghancurkan Hubungan

Keinginan sharing apa yang dialami jadi berkurang

Dalam hubungan yang sehat, kedua pihak akan dengan senang membagikan cerita tentang apa yang mereka alami, bahkan hal-hal remeh sekali pun. Dalam hubungan yang sudah kurang baik, bercerita dengan pasangan justru dianggap keharusan dan membebani. Akhirnya cerita-cerita jadi berkurang deh.

Mulai menghilang

Kenal dengan istilah “drift apart”? Sering ada di lirik lagu, artinya simpelnya adalah menjauh. Nah, dalam hubungan yang sudah kurang sehat, satu atau kedua pihak sudah mulai membangun hidup secara individual, gak lagi menganggap pasangannya ada. Jadi lama-kelamaan setiap pihak sudah sibuk dengan hidupnya sendiri, makin menjauh, dan hubungan kandas secara perlahan.

Baca juga: 3 Tanda Semi-Ghosting, Gak Sepenuhnya Menghilang, Tapi Bikin Bimbang

Sering putus nyambung

Biasanya sih pas putus lalu balikkan, couple cenderung melupakan masalah yang bikin mereka putus. Namun, ada kemungkinan bahwa masalah tersebut belum sepenuhnya terselesaikan. Masalah yang belum terselesaikan ini mungkin akan membentuk skenario “putus” lain di kepala kita. Ini karena kalau penyebab putus pertama terjadi lagi, kita kemungkinan akan kembali memutuskan hubungan. Nah, bukan nggak mungkin skenario tadi kita pilih jadi kenyataan ketika ada masalah.

Itu dia beberapa tanda hubungan yang nggak akan langgeng. Coba evaluasi dulu deh hubungan yang lagi kamu jalani. (*)

 

Gambar: Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Merusak Hubungan dan Perlu Segera Diubah

Lifestyle
5 Tanda Hubungan yang Makin Memburuk dan Akan Usai, Harus Segera Evaluasi

Lifestyle
5 Tips Menghadapi Pacar Minta Putus Padahal Kamu Nggak Mau