Entertainment

3 Tanda Semi-Ghosting, Gak Sepenuhnya Menghilang, Tapi Bikin Bimbang

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 20th 2022

Istilah ghosting mungkin sudah sering kita dengar. Namun, ada perkembangan istilah ghosting yaitu semi-ghosting. Kalau ghosting itu si doi benar-benar hilang, semi-ghosting ini gak sepenuhnya menghilang, jadi bikin bingung deh.

Simak tanda-tanda jika kamu mengalami semi-ghosting menurut profesor Preston Ni, seperti yang dilansir Psychology Today.

Jarang memulai kontak

Perhatikan deh apakah si doi pernah memulai pembicaraan atau justru selalu kamu yang nge-chat duluan? Nggak ada salahnya memang buat berinisiatif, tapi perhatikan apalah inisiatif ini hanya dilakukan satu pihak aja.

Baca juga: 6 Ciri-Ciri Hubungan yang Mengarah ke Toxic Relationship, Cek Tandanya

Membalas kontak dalam waktu yang lama

Memang sih semua orang punya kesibukan. Namun, kalau kamu menemukan bahwa si doi selalu lama dalam membalas chat, coba evaluasi lagi hubunganmu. Perjelas tujuan dari hubungan dan komitmen yang sudah disepakati.

Kalau si doi menyebut bahwa ia lagi sibuk makanya balas chat-nya lama atau justru mengalihkan pembicaraan, ini tanda jelas dari seorang semi-ghoster. Kalau memang ada komitmen dalam hubungan, seseorang akan meluangkan waktu meski sedikit untuk menjaga komunikasi.

Baca juga: 5 Alasan Toxic Relationship Susah Banget buat Dihentikan

Pembicaraan dangkal

Ketika dihubungi, seseorang yang melakukan semi-ghosting cenderung enggan membahas hal-hal mendalam. Mereka hanya mau membicarakan hal-hal simpel yang sebenarnya nggak terlalu membangun hubungan. Mereka enggan membicarakan hal-hal buat kepentingan bersama atau mendiskusikan komitmen.

Semi-ghosting ini agak mirip dengan breadcrumbing, tindakan seseorang terus menjaga harapan tanpa ada tujuan yang jelas dalam hubungan. Seorang breadcrumber akan terus berusaha membuat si doi tetap stay in touch dengannya, tapi selalu menolak kalau diajak lebih serius.

Bedanya breadcrumber dengan semi-ghoster adalah breadcrumber masih selalu ada, gak menghilang. Nah, kalau kamu merasakan tanda-tanda dari semi-ghosting atau breadcrumbing, segera evaluasi hubunganmu ya. (*) 

 

Gambar: Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
4 Cara Memberi Dukungan pada Teman yang Jadi Korban Ghosting

Entertainment
5 Tanda Doi Melakukan Breadcrumbing, Membangun Harapan Tanpa Tujuan Jelas

Current Issues
Mengenal Istilah Ghosting, Haunting, dan Breadcrumbing dalam Hubungan Romantis