Entertainment

‘Top Gun: Maverick’ Mencetak Rekor Besar yang Tak Dapat Dicapai oleh Film Marvel

Jingga Irawan

Posted on June 20th 2022

Sekuel garapan Paramount Pictures dari Top Gun, Top Gun: Maverick, telah melewati tonggak sejarah di box office domestik yang tak dapat dicapai oleh film Marvel Studios. Momen seperti ini merupakan pencapaian yang dianggap langka di industri film. Khususnya Hollywood.

Menurut analis box office Gitesh Pandya di Twitter, Top Gun: Maverick memperoleh USD 44 juta di box office domestik pada akhir pekan keempat penayangannya di bioskop.

Sebagai informasi, hanya tiga film lain dalam sejarah box office yang menghasilkan lebih dari USD 40 juta di akhir pekan keempat di bioskop. Itu termasuk Avatar (USD 50,3 juta), disusul Star Wars: The Force Awakens (USD 42,4 juta) dan Black Panther dari Marvel Studios (USD 40,8 juta).

Pendapatan ini juga menjadikan Top Gun: Maverick sebagai film dengan pendapatan tertinggi kedua di akhir pekan keempat di bioskop sepanjang masa. Pencapaian itu tepat di belakang Avatar. Secara keseluruhan, Maverick sekarang memiliki pendapatan box office domestik sebesar USD 466,2 juta.

Selain berada di depan The Force Awakens dan Black Panther, Maverick juga mengalahkan kebanyakan film Marvel Studios di penayangan akhir pekan keempatnya. Di antaranya Avengers (USD 36,7 juta), Spider-Man: No Way Home (USD 32,8 juta), Avengers: Endgame (USD30,0 juta) dan Avengers: Infinity War (USD 29,5 juta).

Menurut Pandya, waralaba besar lainnya seperti setiap film Marvel, Star Wars, Jurassic, dan Batman memperoleh lebih sedikit di box office pada akhir pekan keempat mereka di bioskop.

Maverick menjadi film terlaris tahun 2022 di Amerika Serikat melampaui Doctor Strange in the Multiverse of Madness dari Marvel Studios, yang menghasilkan USD 398 juta di dalam negeri. Namun, dengan perolehan box office global sebesar USD 783,8 juta, Maverick belum melampaui total pendapatan global dari Multiverse of Madness.

Top Gun: Maverick kembali digarap oleh Paramount Pictures dan berlatar hampir 30 tahun setelah film 1986. Film ini mengisahkan Pete "Maverick" Mitchell (Cruise) saat ia ditugaskan untuk melatih pilot generasi baru. Selain Cruise, Miles Teller, Jennifer Connelly, Jon Hamm dan Val Kilmer juga bergabung.

Menurut Cruise, sangat penting bagi Kilmer kembali main untuk sekuel dan punya adegan yang sangat emosional.  "Aku benar-benar berusaha keras agar dia membuat film itu," kata Cruise. "Jenis bakat yang dia miliki, dan kamu melihat adegan itu, sangat spesial, sangat spesial."

Disutradarai oleh Joseph Kosinski dan skenario oleh Peter Craig, Justin Marks, dan Eric Warren Singer, Top Gun: Maverick sudah tayang di bioskop.(*)

Foto: Paramount Pictures

Artikel Terkait
Entertainment
Tiongkok Mengira Pesawat Properti ‘Top Gun: Maverick’ adalah Senjata Sungguhan

Entertainment
Siapa Musuh di 'Top Gun: Maverick'? Yuk Kita Selidiki!

Entertainment
Sewa Jet F-18 Sungguhan, ‘Top Gun: Maverick’ Harus Keluarkan Rp 160 Juta Per Jam