Lifestyle

5 Tips Membangun Kebiasaan Baik agar Rutin Dilakukan dan Hasilnya Maksimal

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 19th 2022

Membangun kebiasaan baru memang gak mudah. Entah itu kebiasaan buat pakai skincare sebelum tidur, merapikan kasur setelah bangun tidur, atau kebiasaan-kebiasaan lain, semuanya perlu usaha keras buat jadi rutin. Nah, simak beberapa tips berikut untuk membangun kebiasaan, seperti yang dilansir Psychology Today.

Pilih deadline yang gak menekan

Terkadang kita semerta-merta menentukan deadline untuk mencapai sesuatu. Misalnya kita mau rambut kita lebih panjang beberapa cm dalam tiga bulan. Gak ada salahnya sih menentukan waktu yang jelas, tapi kita perlu deadline yang lebih nggak bikin kita tertekan.

Nah, selain menentukan deadline waktu, kita juga perlu menemukan deadline natural. Misalnya kita mau memanjangkan rambut 5 cm dalam waktu tiga bulan karena ingin foto studio bareng sahabat. Nah, deadline natural ini akan mengingatkan kita kenapa kita perlu rutin melakukan sesuatu.

Temukan tindakan yang sebenarnya sudah rutin dilakukan

Sebenarnya kita gak harus membangun kebiasaan dari nol kok. Terkadang ada hal-hal baik yang kita lakukan secara rutin (entah di waktu tertentu atau saat ada situasi tertentu), tapi nggak kita sadari. Misal kita selalu menulis saat lagi merasakan emosi yang kuat. Nah, kita bisa mengembangkan kebiasaan menulis itu jadi rutin per minggu atau per hari agar emosi kita bisa tersalurkan dengan baik.

Baca juga: 5 Kebiasaan Akibat Cemas yang Bisa Jadi Berawal dari Trauma

Cari tahu waktu fokus kita

Waktu fokus setiap orang itu berbeda. Ada yang lebih bisa fokus saat matahari masih muncul, ada yang justru kebalikannya. Nah, kita perlu tahu kapan kita fokusnya maksimal dan gak maksimal. Misal kita tipe yang gampang ngantuk dan mau terbiasa baca buku beberapa halaman setiap hari. Nah, jangan letakkan agenda baca buku di malam hari, tapi bisa taruh saat pagi.

Reset

Misal kamu lagi mau membangun kebiasaan hanya memakai media sosial selama 1 jam per hari. Nah, coba dah hapus dulu semua aplikasi media sosial yang kamu punya. Coba minimal satu minggu. Setelah seminggu coba cek, media sosial mana yang paling perlu kamu pakai lagi? Unduh yang kamu rasa paling diperlukan aja. Ini bisa kamu terapkan buat podcast, serial Netflix, dan lain-lain.

Baca juga: 6 Cara Seseorang Menghindari Emosi, Gak Sadar Sering Dilakukan

Gabung klub

Pengaruh orang lain juga berperan dalam kebiasaan kita. Kalau kamu lagi ingin terbiasa meditasi, coba aja gabung grup meditasi. Jadi kalau ada acara tertentu kamu bisa ikut dan kebiasaanmu bisa makin terasah.

Nah, itu dia beberapa tips membangun kebiasaan baik. Semoga membantu!  (*) 

 

Gambar: vectorjuice/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Langkah Simpel Hilangkan Kebiasaan Buruk dan Bangun Kebiasaan Baru

Lifestyle
3 Langkah Efektif Melatih Diri Biar Lepas dari Jiwa Ngaret

Lifestyle
4 Manfaat Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga, Bagus buat Kesehatan Mental