Lifestyle

Seberapa Baik Kesehatan Mentalmu? Cek 7 Tanda-Tanda Orang yang Sehat Mental

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 19th 2022

Buat kalian yang merasa baik-baik aja secara mental, bagus dong. Nah, buat memastikan kondisi kesehatan mentalmu, coba deh cek ciri-ciri orang yang sehat mental seperti yang dilansir Psychology Today.

Merasa bersyukur

Kalau keadaan lagi baik-baik aja tentu mudah buat bersyukur. Namun, kalau di tengah keadaan sulit pun kamu tetap bisa bersyukur, ini tanda bahwa kamu memiliki ketahanan mental. Sadari apakah tiap pagi kamu bangun dengan mensyukuri sesuatu. Ini tanda yang baik lho.

Punya agenda yang bikin antusias

Entah itu hal simpel seperti belanja ke swalayan, nongki di kafe bareng teman, atau membaca buku di rumah—kalau kamu selalu punya agenda yang kamu nantikan, ini tanda kalau kamu tetap mencari pengalaman positif.

Tak menyimpan dendam

Wajar kok marah karena pengalaman yang kurang mengenakan. Namun, orang yang sehat secara mental tak akan marah berkepanjangan dan menyimpan dendam. Dengan melepaskan amarah, kita bisa merasa damai deh.

Tetap berusaha meski ada kesulitan

Merasa tak termotivasi karena ada kesulitan itu wajar kok, asalkan tetap terus berusaha menghadapi kesulitan tersebut. Nah, orang yang sehat secara mental biasanya gak mudah menyerah dan teguh dalam mengerjakan sesuatu.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Imposter Syndrome, Kecenderungan Meragukan Diri Sendiri

Membantu orang lain, tapi nggak lupa dengan diri sendiri

Membantu orang lain itu memang tindakan yang baik. Kita peduli dengan orang lain berarti kita nggak hanya fokus dengan diri sendiri. Namun, kita juga tetap perlu memedulikan diri sendiri. Keduanya harus imbang deh.

Punya batasan yang sehat

Orang yang sehta mentalnya bisa membangun batasan dengan orang lain, bukan jadi seorang people pleaser yang sulit menolak permintaan orang lain. Intinya kita bisa membantu orang lain, tapi kita menerapkan batasan agar kita tidak dirugikan.

Baca juga: Kamu Termasuk Orang yang Susah Bilang Tidak? Ini 5 Cara Stop Jadi People Pleaser

Bisa bahagia buat orang lain

Berbahagia buat orang lain dan mengekspresikannya menandakan bahwa kita nggak terfokus dengan diri sendiri aja. Kita bisa melihat hal lain di luar kesulitan yang kita alami. Kita berbahagia buat orang lain meski keadaan kita gak terlalu baik.

Nah, itu dia beberapa tanda dari orang yang sehat secara mental. Kalau kamu belum memenuhi semua poin, nggak masalah kok. Tetap berproses aja biar bisa jadi lebih baik! (*)

Artikel Terkait
Lifestyle
4 Tips Simpel Menghadapi Burnout agar Hidup Lebih Ringan

Lifestyle
Stres dan Gangguan Kecemasan Itu Mirip Tapi Beda, Cek Nih Penjelasannya!

Lifestyle
Patah Hati Ditinggal Teman Memang Jarang Dibahas, Tapi Kamu Wajar buat Sedih