Tech

Pemerintah AS Usul Standar Charger untuk Gadget, Ikuti Uni Eropa Pakai USB-C?

Jingga Irawan

Posted on June 19th 2022

Uni Eropa mungkin bukan satu-satunya badan pemerintah yang menetapkan standar umum untuk pengisi daya (charger) perangkat.

Menurut The Verge senator AS Ed Markey, Elizabeth Warren dan Bernie Sanders telah mengirim surat kepada Menteri Perdagangan Gina Raimondo. Mereka menyerukan departemen Rainmodo untuk menerapkan strategi charger yang umum.

Menurut para Senator AS tersebut, Uni Eropa mengutamakan "kepentingan umum" dan AS harus mengikutinya untuk mengurangi dampak lingkungan dari pengisi daya sambil meningkatkan kenyamanan bagi pengguna.

Argumen para politisi di AS mirip seperti UE. Standar pengisi daya secara teoritis akan mengurangi limbah elektronik dengan membiarkan orang menggunakan kembali kabel dan adaptor yang ada untuk perangkat yang baru dibeli.

Strategi ini juga dapat membantu menghemat uang konsumen dari membeli charger tambahan. Lebih penting lagi, ini juga akan mencegah perusahaan menjebak pengguna dalam kabel tertentu.

Para senator tak menentukan USB-C sebagai standar, meskipun kemungkinan besar itu akan menjadi pilihan utama. UE akan memakai standar USB-C mulai tahun 2024, dan teknologinya harus mengakomodasi semua perangkat. Mulai dari ponsel, earbud hingga laptop kelas atas.

Baca Juga: Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya untuk SMA Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Kritikus dan beberapa perusahaan telah lama meminta standar pengisi daya. Saat ini, sebagian besar ponsel Android menggunakan pengisi daya USB-C, berbeda dengan Apple yang menggunakan standar Lightning.

Apple mengklaim pengisi daya universal akan merusak inovasi dengan membatasi potensi kemajuan teknis. Perusahaan juga menduga langkah ini malah akan menghambat pengurangan limbah elektronik dengan memaksa banyak pengguna mereka untuk mengganti kabel Lightning.

Merek seperti Apple mungkin tak punya banyak pilihan selain beralih mengingat langkah UE, dan standar AS akan memperkuat keputusan itu.

Ada rumor Apple akan pindah ke USB-C untuk jajaran iPhone 2023 dan iPad dasar tahun ini (semua iPad lain sudah menggunakan format tersebut). Standar pengisian daya AS mungkin mencegah perusahaan seperti Apple untuk kembali ke konektor khusus di kemudian hari.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Uni Eropa Seragamkan Charger Jadi USB-C, Bagaimana dengan Apple?

Tech
Apple Uji Coba Pengisi Daya USB-C untuk iPhone

Tech
Meski Perang Teknologi, Apple Tetap Andalkan Pemasok Komponen Tiongkok