Sport

Under Armour Ancam Dominasi Nike Setelah Final NBA 2022

Tora Nodisa

Posted on June 19th 2022

Foto: Audacy

Final NBA 2022 sudah berakhir. Golden State Warriors mengalahkan Boston Celtics dengan keunggulan 4-2 untuk meraih gelar juara liga musim ini. Setelah final usai, banyak statistik menarik yang muncul. Salah satunya soal sepatu-sepatu yang dipakai pemain selama Final NBA 2022. Nike masih jadi pilihan terbanyak, namun Under Armour jadi yang terbaik di kelasnya. 

Data yang disajikan Kickstats ini dimulai dari sepatu yang paling populer. Dalam perjalanan Final NBA 2022, ada 28 sepatu yang dipakai oleh pemain Warriors dan Celtics. Dari jumlah tersebut, ada lima sepatu yang menduduki peringkat sebagai sepatu terpopuler. Dilihat dari banyaknya pemain yang memakainya dalam pertandingan. 

Pertama ada Nike PG5 yang dipakai oleh 10 pemain di Final NBA 2022. Kemudian ada Nike LeBron 17, Under Armour Curry 4 Flowtro dan Nike Kobe XI Low yang dipakai oleh 9 pemain. Di peringkat kelima ada Nike Kobe V yang dipakai 8 pemain. Selain sepatu-sepatu tersebut ada pula Nike Kyrie Low 4, Nike Kobe 6, Nike Kobe AD, Nike Air Zoom GT Run, dan Air Jordan 36. 

Kalau melihat statistik di atas, maka bisa disimpulkan bahwa pemain yang tidak punya kontrak eksklusif dengan brand, maka mereka bebas gonta-ganti sepatu sepanjang Final NBA 2022. Kecuali ada beberapa pemain yang sudah pasti menggunakan sepatu signature mereka seperti Klay Thompson (Anta) dan tentu saja Curry dengan Curry Brand, meski kali ini MVP Final NBA 2022 tersebut justru mengangkat brand Under Armour. 

Faktanya memang demikian, karena kalau dilihat dari grafik di bawah ini terlihat jelas bahwa Curry membagi persentase antara Curry Brand dan Under Armour. Inilah yang menjadikan Curry bisa dibilang pemain cerdas dalam pertandingan, serta cerdik dalam berbisnis. 

Stephen Curry dalam Final NBA 2022 tidak hanya memakai Curry Brand saja, namun juga memakai Under Armour. Di mana ada dua rekannya yang diajak memakai sepatu tersebut yaitu Andre Iguodala dan Ken Bazemore. Inilah yang membuat persentase Curry Brand dan Under Armour terlihat sama besarnya. 

Uniknya di Game 4 dan 6, saat Curry membuat penampilan cemerlang, dia malah memakai Curry 4 Flowtro dari Under Armour, bukan Curry Brand. Entah disengaja atau tidak, justru ini memicu penjualan Under Armour lebih baik lagi. Curry 4 Flowtro menjadi sepatu yang paling banyak digunakan mencetak poin. Total ada 160 poin yang tercipta dari pemain yang memakai sepatu tersebut. Sementara itu di peringkat kedua ada Air Jordan 36. Seperti yang kita tahu, bedanya dengan Curry adalah Air Jordan 36 oleh Jayson Tatum sendiri sebagai dutanya.

Akankan ini menjadi momentum Under Armour seperti di tahun 2015? Saat itu, UA Stephen Curry 1 tiba-tiba meledak di pasaran karena Curry berhasil mengantarkan Warriors menjadi juara NBA. Namun yang jelas baik dari sisi kepopuleran dan bisnis, Under Armour dan Curry Brand bisa jadi ancaman untuk Nike dan Jordan Brand. (*)

Related Articles
Sport
Head-to-Head Golden State Warriors Vs. Boston Celtics

Sport
Stephen Curry Banjir Pujian, Warriors Samakan Kedudukan

Sport
9 Signature Shoes Bintang NBA ini Cocok Kalian Koleksi