Lifestyle

4 Tips Hadapi Kekecewaan Biar Gak Berlarut-Larut dalam Kesedihan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 18th 2022

Perasaan kecewa pasti pernah kita rasakan selama kita hidup. Entah itu karena tindakan seseorang yang melukai kita atau kita gagal mendapatkan sesuatu yang ditargetkan. Buat kamu yang sedang mengalami kekecewaan, simak beberapa tips berikut.

1. Kenali perasaan yang kita rasakan

Tidak diterima di universitas atau posisi impian akan bikin kita kecewa. Kita gak bisa memaksakan diri buat merasakan emosi positif ketika menghadapi situasi seperti itu. Maka dari itu kita perlu mengenali perasaan apa yang kita rasakan menerimanya.

Seperti yang dilansir Psychology Today, meski nggak enak banget untuk menerima, kita akan jadi lebih paham tentang perasaan yang kita alami. Lama-kelamaan kekecewaan bisa berkurang kekuatannya. Kita bisa jadi lebih lega sekaligus aware dengan perasaan diri deh.

2. Ingat alasan kita mengambil keputusan

Saat mengalami kekecewaan, ingat kembali alasan kita mengambil kesempatan yang hasil akhirnya membuat kita kecewa. Ingat kenapa kita mau masuk ke universitas A, mau mencalonkan diri jadi ketua B, dan lain-lain. Ini akan membuat kita lebih paham dengan motivasi kita di awal, bukan terpaku pada hasil akhirnya.

Baca Juga: ‘Thor: Love and Thunder’ Bakal Jadi Film Marvel Terakhir Chris Hemsworth

3. Bangun perspektif yang lebih luas

Kekecewaan bukan sekadar keinginan yang tidak terwujud. Ada proses perjuangan yang kita lalui dan pelajaran-pelajaran penting yang mungkin nggak kita sadari dari kekecewaan tersebut. Seperti yang dilansir PsychCentral, kita bisa meminta bantuan pada ahli psikologi atau orang yang bisa mendengarkan kita untuk berbagi cerita. Dar proses bercerita ini, bisa saja orang lain melihat perspektif lain dari kekecewaan tersebut.

4. Coba lagi

Gagal sekali belum tentu akan selalu gagal ke depannya. Kita bisa mengevaluasi hal-hal yang perlu kita tingkatkan untuk jadi lebih baik ke depannya. Kita bisa melakukan refleksi untuk menemukan hal tersebut. Bisa juga dari refleksi tersebut kita menemukan hal lain yang lebih cocok kita perjuangkan.

Nah, itu dia beberapa tips menghadapi kekecewaan. Kalau kamu merasa perasaanmu sudah sangat intens dan mengganggu keseharianmu, gak ada salahnya kok buat konsultasi ke ahli. You matter.(*)

Gambar: pch.vector/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Hal Terkait Emosi yang Harus Kalian Hindari buat Menjaga Hubungan

Lifestyle
Seberapa Baik Kesehatan Mentalmu? Cek 7 Tanda-Tanda Orang yang Sehat Mental

Lifestyle
5 Langkah Sederhana Menghadapi Duka atau Kehilangan saat Pandemi