Tech

WhatsApp Tambah Opsi Privasi Baru untuk Foto Profil dan “Last Seen”

Jingga Irawan

Posted on June 18th 2022

WhatsApp akhirnya meluncurkan opsi privasi yang lebih luas untuk pengaturan foto profil, tentang, status dan last seen (terakhir dilihat). Kabar itu diungkap perusahaan melalui Twitter pada Jumat, 17 Juni 2022. Sebelumnya, WhatsApp menguji coba fitur itu dalam versi Beta pada April lalu.

Sebelumnya, pengguna hanya dapat menyetel pengaturan tersebut untuk semua orang (everyone), kontak saya (my contacts), atau tidak siapa pun (nobody). Tetapi pembaruan baru memperkenalkan opsi "kontak saya kecuali" (my contacts except) yang menawarkan kontrol jauh lebih terperinci.

Status "terakhir dilihat" mungkin jadi momok bagi sebagian besar orang. Karena status ini menunjukkan kapan seseorang terakhir kali mengecek aplikasi. Status itu memberikan informasi apakah kontak mungkin berpotensi melihat pesan kalian meskipun tanda telah dibaca dimatikan.

Nah, opsi baru yang dihadirkan WhatsApp memungkinkan pengguna mematikan fitur itu. Tapi hanya untuk orang-orang tertentu saja. Misal, atasan di kantor atau teman kelompok di kampus yang suka nyontek tugas. Opsi baru itu juga berlaku untuk foto profil, tentang, status.

Tapi ada kelemahannya ya. Kalau kalian membatasi status “terakhir dilihat” milik kalian untuk orang-orang tertentu, kalian juga nggak akan bisa melihat status “terakhir dilihat” mereka.

Pengaturan baru ini bisa diakses melalui menu tiga titik di sudut kanan atas, lalu kalian bisa menuju ke Akun > Privasi.

WhatsApp telah menambahkan sejumlah fitur baru akhir-akhir ini. Baik seputar privasi maupun kenyamanan. Tahun lalu, perusahaan mengatakan akan membatasi akun untuk pengguna yang nggak menerima kebijakan privasi baru, tetapi kemudian batal dari rencana itu.

Awal pekan ini, aplikasi obrolan milik Meta tersebut meluncurkan fitur baru yang membuatnya lebih mudah untuk memindahkan chat dari Android ke iOS.(*)

Related Articles
Tech
WhatsApp Bakal Izinkan Pengguna Mengenskripsi Backup Chat di Cloud

Tech
Dear Pengguna WhatsApp, Pilih Hapus Akun atau Berikan Data ke Facebook?

Tech
WhatsApp Rilis Fitur Sembunyikan Last Seen dari Kontak Tertentu