Sport

Kalahkan Boston Celtics, Golden State Warriors Juara NBA 2022

Tora Nodisa

Posted on June 17th 2022

Foto: Rocky Padila langsung dari Final NBA 2022 di Boston

Golden State Warriors akhirnya membawa pulang trofi Larry O'Brien musim ini. Mereka menang 103-90 atas Boston Celtics di TD Garden, Jumat, 17 Juni 2022, yang menjadi kemenangan keempat di seri final musim ini. Warriors unggul 4-2 dari Celtics. Mereka menjadi tim yang mencetak sejarah di NBA dengan memenangkan 4 kali gelar juara dalam 8 tahun terakhir. 

Warriors telah trofi NBA ketujuh dalam sejarah klub. Tapi rekor yang fantastis adalah 4 kali juara dan 6 kali masuk Final NBA, dalam 8 tahun terakhir. Bahkan yang mengejutkan adalah dua musim sebelumnya (2019-20 dan 2020-21), Warriors tidak masuk Playoffs. Sementara itu, Stephen Curry dinobatkan sebagai Finals MVP tahun ini.  

Curry mencetak 34 poin di Game 6, dan meraih penghargaan Finals MVP untuk pertama kali dalam karirnya. Dia dipilih dengan suara bulat oleh para jurnalis setelah menundukkan Celtics. Secara keseluruhan, dalam 6 pertandingan Final NBA 2022, Curry mencetak rata-rata 31,2 ppg, 5,8 rpg, dan 5,0 apg. 

"Kami menemukan cara untuk bangkit dan menjadi yang terbaik musim ini," kata Curry. "Saya berdiri di sini dengan dua trofi dan itu sangat berarti. Saya sangat bangga dengan grup ini. Saya berterima kasih kepada Tuhan setiap hari bahwa saya dapat memainkan permainan ini di level tertinggi dengan orang-orang hebat."

Foto: Rocky Padila langsung dari Final NBA 2022 di Boston

Perasaan lega tentu dirasakan oleh para pemain Warriors. Karena mereka sekali lagi berhasil menaklukkan Celtics, yang punya fans fanatik. Publik TD Garden sangat keras. Mereka bahkan membuat Warriors hilang konsentrasi di awal laga. Celtics unggul 14-2 saat pertandingan baru saja dimulai. 

Tetapi Warriors menemukan cara untuk melawan keganasan Celtics. Mereka bahkan sempat running score 21-0, yang menurut ESPN, tidak terjadi dalam pertandingan selama 50 tahun terakhir. Meskipun sudah mengeluarkan usaha terbaik mereka, para pemain kunci Celtics seperti Jaylen Brown, Jayson Tatum dan Marcus Smart tidak bisa mengatasi Curry, Klay Thompson dan Draymond Green. 

Seperti yang sering terjadi musim ini, Warriors sangat efektif setelah turun minum. Di pertengahan kuarter ketiga, Curry mencetak three point kelimanya, yang membawa Warriors unggul 22 poin. Sebelum buzzer, Curry dikeluarkan karena sudah tidak fokus pada pertandingan. Air matanya terus mengalir, sehingga Steve Kerr terpaksa menarik mundur. Curry langsung dikerumuni rekan-rekannya setelah waktu pertandingan habis. 

Selamat untuk Golden State Warriors. Juara NBA 2022. (*)

Artikel Terkait
Sport
Meriahnya Parade Juara Golden State Warriors

Sport
Stephen Curry Banjir Pujian, Warriors Samakan Kedudukan

Sport
Head-to-Head Golden State Warriors Vs. Boston Celtics