Tech

Sempat Dikeluhkan Pengguna, Instagram Uji Coba Feed Layar Penuh Versi Baru

Jingga Irawan

Posted on June 17th 2022

Instagram mengumumkan bakal mulai menguji versi baru dari tampilan feed layar penuhnya (full-screen), Pada Kamis 16 Juni 2022. Tampilannya kini masih mirip dengan TikTok.

Instagram menggunakan uji coba ini untuk menjajal perubahan pada bilah navigasi di bagian bawah aplikasi. Perusahaan akan segera menambahkan pintasan untuk membuat konten dan mengakses pesan di bagian itu.

Instagram sebenarnya telah melakukan eksperimen serupa pada bulan Mei. Namun disambut dengan keluhan pengguna dan feedback negatif. Selain menyembunyikan caption dan komentar, format feed yang diperbarui menampilkan semua konten dalam rasio aspek 9:16. Termasuk foto persegi dan gambar horizontal.

Untuk foto-foto yang tak sesuai dengan feed layar penuh, Instagram menerapkan batas gradien buram agar membuatnya menyatu. Tetapi banyak pengguna Instagram tak menyukai perubahan ini dan menjelaskan alasannya dalam sebuah balasan ke kepala Instagram Adam Mosseri soal pembaruan.

Masalah lain dengan pengujian sebelumnya adalah feed menyertakan spasi aneh di antara postingan. Pengguna juga mengatakan format baru membuat feed tampak lebih berantakan. Instagram kini telah mengklarifikasi kepada TechCrunch bahwa pengujian feed layar penuh baru yang diluncurkan tak akan lagi menampilkan ruang putih di bagian atas dan bawah postingan saat melihat video 9:16.

Sebaliknya, feed baru ini dianggap menjanjikan bagi kreator konten. Pasalnya, Instagram mengatakan akan mulai merekomendasikan konten mereka kepada pengguna yang tak mengikuti mereka. Mirip dengan cara TikTok memasukkan konten yang menurut kalian mungkin kalian sukai di bagian For You Page (FYP).

Pembaruan soal feed layar penuh di Instagram diumumkan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg. Miliarder berusia 38 tahun itu menyatakan bahwa "foto masih merupakan bagian penting dari Instagram.”

Posting-an ahli teknologi itu juga mengatakan Instagram sedang mengerjakan cara agar foto bisa muncul di feed ini dan beberapa pengguna akan segera melihat versi uji cobanya ke aplikasi.

Perubahan pada bilah navigasi tak disebutkan dalam posting-annya, atau ditampilkan dalam gambar yang disediakan Instagram. Tetapi seorang juru bicara Meta mengklaim perubahan navigasi juga sebagai tanggapan atas keluhan uji coba yang telah diluncurkan pada Mei.(*)

Artikel Terkait
Tech
Spotify Uji Feed Video Pendek, Sengaja Mirip TikTok?

Tech
Australia Usulkan Aturan Baru, Paksa Platform Medsos Buka Identitas Akun Anonim

Tech
Bulan Depan, Instagram Bakal Luncurkan Aplikasi Reels Untuk Tantang TikTok