Korea

BTS Tak Hiatus, Tapi Bakal Fokus Proyek Solo

Jingga Irawan

Posted on June 15th 2022

Boy group K-Pop, BTS, mengumumkan bakal fokus pada proyek solo, tetapi perusahaan di belakangnya menegaskan bahwa mereka tak hiatus.

Grup beranggotakan tujuh orang dengan hits seperti Butter dan Dynamite ngobrolin tentang masa depan mereka dalam sebuah video perayaan sembilan tahun rilis debut mereka. 

Dalam video tersebut, mereka berdiskusi soal sulitnya berurusan dengan Covid-19 yang mengganggu rencana tur dan rilis musik, serta apa yang masing-masing mereka pikirkan tentang tujuan artistik.

Grup tersebut berbicara dalam bahasa Korea, dan kata "hiatus" digunakan pada teks bahasa Inggris yang disertakan dalam video.

Namun pernyataan dari Hybe, perusahaan hiburan Korea Selatan di belakang BTS, mengatakan bahwa mereka masih akan mengerjakan proyek sebagai grup, maupun individu.

“BTS tak hiatus. Para member akan lebih fokus pada proyek solo saat ini,” kata pernyataan itu.

Dalam video, mereka juga membeberkan perjuangan untuk berkembang sebagai artis dalam genre K-pop.

"Aku selalu berpikir bahwa BTS berbeda dari grup lain, tetapi masalah dengan K-pop dan seluruh sistem idol adalah mereka tak memberi waktu untuk menjadi dewasa," kata RM.

"Kamu harus terus memproduksi musik dan terus melakukan sesuatu." Beberapa member tampak menangis selama percakapan.

V mengingat percakapannya dengan J-Hope di mana mereka membahas bagaimana mengerjakan proyek solo akan meningkatkan "sinergi" mereka sebagai sebuah kelompok. Suga menggambarkan ketertarikannya untuk mencoba genre baru.

“Kami masing-masing akan meluangkan waktu untuk bersenang-senang dan mencoba banyak hal,” kata JungKook kepada penggemar mereka. “Kami berjanji kami akan kembali suatu hari nanti bahkan lebih dewasa dari kami sekarang.”

Belum ada rincian tentang kolaborasi BTS di masa depan atau proyek individu seperti apa yang diumumkan pada Selasa, 14 Juni 2022. Tetapi yang pasti, BTS memiliki basis penggemar global yang semakin besar dan dalam beberapa tahun terakhir popularitas grup tersebut meningkat pesat.

J-Hope, RM, Suga, JungKook, V, Jin dan Jimin baru-baru ini mampir ke Majelis Umum PBB dan berkunjung ke Gedung Putih untuk membahas perlawanan terhadap Anti Asia di AS bersama Presiden Joe Biden. (*)

Artikel Terkait
Korea
10 Idol Kpop Teratas Spotify Ini Berubah Tiap Tahun, Siapa Aja?

Korea
Geser Olivia Rodrigo, ‘Permission To Dance’ Debut #1 di Billboard Hot 100!

Korea
Wow, Seorang Army Bisa Habiskan Rp 20 Juta Setahun untuk Idolanya!